BeritaDaerahNews

Ini 8 Tuntutan Masyarakat Adat Pulo Bangkurung Atas Kematian Riski 

327
×

Ini 8 Tuntutan Masyarakat Adat Pulo Bangkurung Atas Kematian Riski 

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Terkesan lambatnya penanganan kasus pengeroyokan sampai meninggalnya Riski Soino beberapa waktu lalu, serta makin maraknya pemboman ikan yang mengakibatkan rusaknya terumbu karangz masyarakat adat Pulo Bangkurung melayangkan delapan poin tuntutan. 

Kedelapan poin tuntutan itu ditujukan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai Laut (Balut), dan Kepolisian dalam hal ini Polres Bangkep serta Kepala Desa Kalupapi. 

Pertama mendesak pihak kepolisian agar secepatnya mengusut tuntas kasus pidana pengeroyokan sampai meninggalnya Riski Soino. 

BACA JUGA:  Menang 2-0, King Peace Fc Juara Grup K Mini Soccer Matindok Cup 2024

Dua mendesak Pemda Balut untuk memindahkan pipa air yang melalui jalur tanah adat. 

Ketiga meminta agar Pemda Balut dan pihak Kepolisian agar pelaku pemboman ikan itu diproses secara hukum. 

Empat, mendesak agar Kompresor yang digunakan sebagai alat selam di laut di amankan. 

Lima, mendesak kepada Kepala desa Kalupapi  untuk membuat pernyataan untuk melarang masyarakatnya untuk tidak melakukan pemboman ikan. 

Keenam, mendesak pihak kepolisian agar mengklarifikasi mengapa mereka tidak bisa menangani secara serius maraknya aktifitas pemboman ikan. 

BACA JUGA:  Lomba Pentas Seni Meriahkan Banggai Government Expo, Mulai Pop Singer Hingga Dero Kreasi

Mendesak kepada Kapolres Bangkep agar menarik personil Bhabimkantibmas di wilayah adat Pulo Bangkurung, karna di curigai terlibat dalam kegiatan pemboman ikan dan tidak mampu menangani kasus pengeroyokan dampai meninggalnya Riski Soino. 

Terakhir kalau tuntutan di atas tidak secepatnya dilaksanakan dan masih ada terjadi kasus tersebut di atas maka masyarakat adat yang akan menyelesaikannya sendiri. 

Kedelapan tuntutan ini disampaikan oleh masyarakat adat Pulo Bangkurung kepada Pemda Balut dalam kegiatan Musrembang tingkat kecamatan Bangkurung di desa Lantibung, Sabtu (3/2/3024). 

BACA JUGA:  Ayo Ramaikan Berlangsung 4 Hari, Banggai Government Expo 2024 Resmi Dibuka

Puluhan masyarakar adat di bawah komando  Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nasional (AMAN) Balut, H. Irwanto Tadeko diterima lansung oleh Wakil Bupati Balut, Ablit H. Ilyas. Saat dialog Wabup didampingi Sekda Balut, Ruslan Tolani, Ketua DPRD Balut, Mahdiani Bukamo, Asisten III, Masrin Saluhu, Stap Ahli, Sunarto Sululing, Camat Bangkurung Adijaya Ndiba dan Kapolsek Lobangkurung, Iptu Harsina. Asw