BeritaDaerahNews

Trending Topik Dugaan Mobilisasi ASN Jemput Bupati Amirudin, Bawaslu Diminta Perketat Pengawasan!

1924
×

Trending Topik Dugaan Mobilisasi ASN Jemput Bupati Amirudin, Bawaslu Diminta Perketat Pengawasan!

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Kasus dugaan mobilisasi Aparatur Sipil Negara (ASN) menjemput Bupati Banggai (Petahana) di bandara Luwuk, Kamis (15/8/2024), menjadi trending topik di laman Google beberapa hari terakhir. 

Penjemputan Bupati Petahana tersebut dilakukan, pasca mengantongi Rekomendasi Golkar-PAN untuk bertarung kembali pada Pilkada Banggai, yang dihelat November 2024 mendatang. Para ASN itu  membaur dengan jargon partai politik pendukung petahana. 

“Tindakan ini mendapat sorotan sinis dari Masyarakat, juga sebagian ASN, yang tak setuju dengan kegiatan ini,” ungkap Fransiskus Kaloke, kepada media ini, Sabtu (17/8/2024).

BACA JUGA:  Menang 2-0, King Peace Fc Juara Grup K Mini Soccer Matindok Cup 2024

“Ini sudah trending topic nasional, kami berharap segera dimasukkan laporan kepada KASN. Tidak itu saja, kedepan yang paling penting adalah Warning untuk Bawaslu Banggai untuk seksama mencermati  Netralitas Pada Tahapan Pilkada,”pintanya berharap. 

Dikatakan, atas kondisi ini, Bawaslu perlu memetakan, Paslon mana yang berpotensi menggiring ASN dalam ruang politik praktis. 

BACA JUGA:  Lomba Pentas Seni Meriahkan Banggai Government Expo, Mulai Pop Singer Hingga Dero Kreasi

“Ini perlu kami tegaskan sebagai referensi Bawaslu sampai tingkat bawah. Tentu bisa ditebak Paslon mana yang punya potensi  terstruktur melakukan itu,”ucapnya. 

Pemetaan ini penting bagi Bawaslu melakukan  pengawasan yang ketat untuk menegakkan aturan, memberi sanksi bagi oknum ASN yang terlibat politik praktis.

BACA JUGA:  Rakor KPA Tingkat Sulteng, Upaya Tingkatkan Penanggulangan dan Pencegahan HIV-AIDS

“Ini kami ingatkan, sehingga pesta demokrasi dapat berjalan dengan sebaik-baiknya sebagaimana agenda cita-cita reformasi,”ujarnya. 

Di akhir pernyataannya, ia menginformasikan, hasil pantauan belakangan ini, tidak semua ASN mudah digiring melakukan politik praktis.  

“Pantauan kami di lapangan, ada juga sejumlah ASN dan aparat desa  yang memang tetap netral, bermartabat menjaga indepedensi mereka untuk bekerja demi pelayanan masyarakat secara maksimal. (*l