BeritaDaerahNews

Selama 5 Hari, Dinkes Banggai Gelar Pelatihan Pengelolaan Limbah B3

284
×

Selama 5 Hari, Dinkes Banggai Gelar Pelatihan Pengelolaan Limbah B3

Sebarkan artikel ini
Sekdis Kesehatan Banggai, Hj. Nurmasita Datu Adam dan peserta pelatihan mengabadikan momen. FOTO: ISTIMEWA
Example 300250

Banggaikece.id– Selama lima hari, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banggai menggelar Pelatihan Pengelolaan Limbah B3 (bahan baku yang berbahaya dan beracun), yang dimulai dari tanggal 24-28 Juni 2024.

Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Limbah yang diikuti para pengelola program Puskesmas dari 16 Puskesmas dan 1 RS Pratama itu digelar di Hotel Santika Luwuk.

Dalam pelatihan yang dibuka oleh Sekretaris Dinkes Banggai, Hj. Nurmasita Datu Adam, S.Kep., menghadirkan narasumber dari Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Sulteng.

BACA JUGA:  Duh! Baru Setahun Dikerjakan, Jalan Dana Inpres di Simpang Raya Sudah Rusak

“Pesertanya adalah pengelolaan program puskesmas, ada 16 Puskesmas dan 1 RS Pratama. Kegiatan berlangsung lima hari, untuk pengelolaan limbah B3, limbah infeksius, ada bendah padat dan cair,” ungkap Sekdis Hj. Nurmasita Datu Adam, S.Kep.,  kepada media ini, Rabu 26 Juni 2024.

BACA JUGA:  Turunkan Baliho Cuma Prank, Warga Lontos Tetap Solid Dukung Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang 

Nurmasita Datu Adam menjelaskan, Dinas Kesehatan mempunyai tugas dan fungsi melakukan pengawasan dan pembinaan penyehatan lingkungandi fasyankes salah satunya pengawasan dan pembinaan kegiatan pengolahan limbah medis.

Ini dilakukan agar tidak mengakibatkan masalah kesehatan lingkungan bagi petugas, pasien dan masyarakat.

BACA JUGA:  Faperta Untika Luwuk Buka Penerimaan Maba Program Magister Ilmu Pertanian 

“Pelatihan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan bagi tenaga yang mengelola limbah Fasyankes sesuai standar yang ditetapkan dalam peraturan perundang- undangan,” tuturnya.

Ia berharap, melalui pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat di wilayah kerja masing-masing. (*)