Scroll untuk baca artikel
BeritaDaerahNews

Selama 5 Hari, Dinkes Banggai Gelar Pelatihan Pengelolaan Limbah B3

350
×

Selama 5 Hari, Dinkes Banggai Gelar Pelatihan Pengelolaan Limbah B3

Sebarkan artikel ini
Sekdis Kesehatan Banggai, Hj. Nurmasita Datu Adam dan peserta pelatihan mengabadikan momen. FOTO: ISTIMEWA

Banggaikece.id– Selama lima hari, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banggai menggelar Pelatihan Pengelolaan Limbah B3 (bahan baku yang berbahaya dan beracun), yang dimulai dari tanggal 24-28 Juni 2024.

Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Limbah yang diikuti para pengelola program Puskesmas dari 16 Puskesmas dan 1 RS Pratama itu digelar di Hotel Santika Luwuk.

Dalam pelatihan yang dibuka oleh Sekretaris Dinkes Banggai, Hj. Nurmasita Datu Adam, S.Kep., menghadirkan narasumber dari Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Sulteng.

BACA JUGA:  Keren, Pegiat Literasi Banggai Serahkan Bantuan Buku ke Ponpes Al Muraad Luwuk

“Pesertanya adalah pengelolaan program puskesmas, ada 16 Puskesmas dan 1 RS Pratama. Kegiatan berlangsung lima hari, untuk pengelolaan limbah B3, limbah infeksius, ada bendah padat dan cair,” ungkap Sekdis Hj. Nurmasita Datu Adam, S.Kep.,  kepada media ini, Rabu 26 Juni 2024.

BACA JUGA:  Lantik Pengurus HIMA IP dan KOSMIK, Ini Harapan WR III Unismuh Luwuk Kisman Karinda

Nurmasita Datu Adam menjelaskan, Dinas Kesehatan mempunyai tugas dan fungsi melakukan pengawasan dan pembinaan penyehatan lingkungandi fasyankes salah satunya pengawasan dan pembinaan kegiatan pengolahan limbah medis.

Ini dilakukan agar tidak mengakibatkan masalah kesehatan lingkungan bagi petugas, pasien dan masyarakat.

BACA JUGA:  Serap Aspirasi Masyarakat, Anggota DPRD Sulteng Sri Atun Gelar Reses di Toili, Toili Jaya dan Toili Barat

“Pelatihan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan bagi tenaga yang mengelola limbah Fasyankes sesuai standar yang ditetapkan dalam peraturan perundang- undangan,” tuturnya.

Ia berharap, melalui pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat di wilayah kerja masing-masing. (*)