BeritaDaerahNewsPendidikan

Buka PPDB, SD Negeri Maahas Targetkan Terima 100 Lebih Murid Baru

310
×

Buka PPDB, SD Negeri Maahas Targetkan Terima 100 Lebih Murid Baru

Sebarkan artikel ini
Resmi, ini jadwal pertama masuk sekolah bagi peserta didik, mulai jenjang PAUD, SD dan SMP di Banggai. FOTO: IST
Example 300250

Banggaikece.id- Sekolah Dasar Negeri (SDN) Maahas masih membuka pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2024/2025.

Hingga saat ini, sudah 90-an formulir PPDB yang dikeluarkan SDN Maahas untuk calon murid baru. Ditargetkan, tahun ini dapat menerima 100 lebih peserta didik baru.

Hal itu diungkapkan Kepala SDN Maahas, Hartini Akili S.Pd., kepada media ini, Rabu 28 Mei 2024, di ruang kerjanya.

“Formulir PPDB yang sudah keluar 90-an, kalau target 100-an lebih murid baru, itu untuk tiga kelas. Maksimal 30 sampai 40 murid dalam satu kelas,” kata Hartini Akili S.Pd.

Khusus Kelas 1 ini kata Hartini, nantinya peserta didik akan diajar dua guru. Satu guru utama dan satu guru pendamping.

“Satu guru utama di depan kelas, dan ada satu guru pendamping. Kebetulan kami memiliki guru yang cukup memadai, ada guru honorer juga,” tuturnya.

BACA JUGA:  Abrasi Mengancam, Warga Desa Keak Minta Pemda Balut Bangun Tanggul Pantai 

Kepsek Hartini menjelaskan, untuk jumlah siswa di SDN Maahas yang dipimpinnya berada di angka 500-an. Itu terdiri dari Kelas 1 sampai kelas 6.

“Kalau keseluruhan siswa kita 522 orang, ada yang 3 kelas setiap kelasnya, dan ada juga 2 kelas. Kenapa beda-beda, kita melihat dari jumlah siswanya, misalnya Kelas 3 jumlahnya sedikit maka dibagi 2 kelas (ruangan) saja,” bebernya.

SERAGAM 

Untuk seragam sekolah, peserta didik nantinya akan menggunakan 4 jenis baju seragam yang digunakan.

“Senin dan Selasa, murid menggunakan baju seragam merah putih. Kemudian Rabu dan Kamis pakai baju batik, Jumat pakai baju putih-putih, baju muslim atau Koko dan hari Sabtu menggunakan baju olahraga,” kata Hartini Akili menjelaskan.

BACA JUGA:  Rakor KPA Tingkat Sulteng, Upaya Tingkatkan Penanggulangan dan Pencegahan HIV-AIDS

Dari empat baju seragam yang akan digunakan peserta didik, dua diantaranya dibeli di luar sekolah oleh orangtua murid. Dua baju seragam itu adalah baju merah putih dan baju putih-putih (baju muslim).

“Untuk baju batik dan baju olahraga, nanti sekolah yang siapkan. Insya Allah awal Juni nanti baju batik dan olahraga sudah ada,” tuturnya.

Sementara untuk baju Pramuka tambah Kepsek, digunakan para siswa atau murid baru saat kegiatan ekstrakurikuler. Untuk kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, diwajibkan bagi kelas 3 sampai kelas 6.

“Tapi untuk kelas 1 dan 2, biasa kami libatkan juga dalam kegiatan camping day, seperti lalu di RTH Teluk Lalong,” tambahnya.

PRESTASI 

Di bawah kepemimpinan Kepsek Hartini Akili S.Pd., banyak prestasi berhasil ditorehkan SDN Maahas. 

BACA JUGA:  Cabup Bangkep Rusli Moidady Silaturahmi Bersama Warga Tobing, Komitmen Bawa Perubahan Nyata

Meski baru beberapa bulan memimpin, sudah sekitar 10 piala berhasil diraih. Ini tentunya bukti bahwa, siswa di SDN Maahas mampu bersaing dengan sekolah lainnya.

Terbaru, tiga peserta didiknya berhasil memboyong 3 piala dalam kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di tingkat Kabupaten Banggai.

“Alhamdulillah sekolah kami baru mendapat tiga piala O2SN, 2 piala putri putri juara 2 di lomba renang dan atletik juara 3,” ucapnya penuh syukur.

Atas prestasi ini, Kepsek berharap kedepannya, SDN Maahas akan lebih baik dan semakin maju lagi dengan melahirkan siswa-siswa berprestasi. 

“Tentunya perlu dukungan dan kerjasama semua pihak, baik guru maupun orangtua untuk membantu dalam mengasah dan membina bakat siswa,” tandasnya. (*)