BeritaDaerahNews

Bupati Amirudin Apresiasi Rakor Bunda PAUD, Harap Wujudkan Kegiatan PAUD yang Menyenangkan!

23
×

Bupati Amirudin Apresiasi Rakor Bunda PAUD, Harap Wujudkan Kegiatan PAUD yang Menyenangkan!

Sebarkan artikel ini
Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin MM., AIFO., tengah memberikan sambutan saat membuka acara Rakor Bunda PAUD tingkat Kabupaten Banggai. FOTO: JAJAD
Example 300250

Banggaikece.id-  Hadir dan membuka secara resmi, Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin MM., AIFO., menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Rakor Bunda PAUD Tingkat Kabupaten Banggai, Senin 19 Februari 2024, di Hotel Estrella Luwuk.

Ada beberapa pesan dan harapan yang disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Banggai kepada para bunda PAUD, baik tingkat desa, kelurahan maupun kecamatan.

Pertama, Ia meminta kepada semua Bunda PAUD untuk bisa memberikan intervensi langsung Lembaga PAUD yang ada di desanya masing-masing.

“Ibu Kades, Lurah, dan Ibu Camat selaku Bunda PAUD harus bisa memberikan intervensi. Jangan biarkan guru sendiri yang mengurusi lembaga PAUD, tapi harus ada peran dari Bunda-bunda PAUD itu sendiri,” pesan Bupati Amirudin di acara Rakor yang dihadiri Wakil Bupati Furqanuddin Masulili bersama istri, serta tamu undangan lainnya.

BACA JUGA:  Datang di Banggai Government Expo, Kalla Toyota Berikan Promo Menarik!

Bupati mengharapkan, PAUD bisa menjadi lembaga pendidikan yang menyenangkan bagi peserta didik. Jangan memaksakan peserta didik untuk belajar membaca dan menghitung.

“Kalau dilaksanakan (belajar dan menghitung) akan mencederai psikologi anak itu sendiri. Kalau ada guru yang memaksakan anak-anak untuk belajar menghitung dan menulis tolong ditegur,” kata Bupati Amirudin yang gencar menyosialisasikan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

Olehnya, melalui rakor yang akan diisi dengan materi dari empat narasumber penting diharapkan dapat diikuti dengan sebaik-baiknya. Sehingga bisa menjadi bekal untuk dapat diimplementasikan di PAUD-nya masing-masing.

BACA JUGA:  Rakor KPA Tingkat Sulteng, Upaya Tingkatkan Penanggulangan dan Pencegahan HIV-AIDS

Bupati juga berharap, dengan upaya yang dilakukan ini nantinya dapat mewujudkan generasi emas pada tahun 2045 yang telah dicanangkan pemerintah pusat.

“Jadi intervensi kita, bukan hanya pada pendidikannya, tapi juga pada soal gizi anak. Kita gencar melakukan pencegahan Stunting, yang dananya ada di desa, kecamatan, pemerintah kabupaten, provinsi hingga pusat. Sehingga generasi emas pada tahun 2045 benar-benar bisa terwujud,” harap Bupati.

PERAN BUNDA PAUD

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Banggai, Ir. Hj. Syamsuarni Amirudin mengatakan, kegiatan Rakor ini sangat penting dan nantinya akan menjadi agenda rutin tahunan.

BACA JUGA:  Kalahkan Dirgantara Bubung Lewat Adu Penalti, MAU Fc ke Semifinal Camat Luktar Cup 2024

“Dalam kegiatan ini, bisa menjadi tempat tukar informasi,  dan mencari solusi permasalahan yang dihadapi Bunda PAUD di kecamatan masing-masing,” katanya.

Olehnya, Panitia telah menyiapkan para pemateri untuk suksesnya rakor Bunda PAUD Tingkat Kabupaten Banggai itu. Diharapkan para peserta bisa menyimak dengan baik dan bisa bertanya ketika mengalami kendala di lapangan.

“Rakor ini, kami anggap penting, karena Bunda PAUD memiliki peran yang sangat strategis dalam menyiapkan dan mewujudkan Lembaga PAUD yang berkualitas,” tandasnya. (*)