BeritaDaerahNews

Kebakaran Hebat Landa Kebun Cingkeh di Salodik Luwuk Utara

1024
×

Kebakaran Hebat Landa Kebun Cingkeh di Salodik Luwuk Utara

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Polsek Luwuk bersama tim gabungan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) berhasil memadamkan api yang melanda kebun Cingkeh di Desa Salodik, Luwuk Utara.

Peristiwa kebakaran lahan kebun milik Ko Cin dan Ahmad Suaebu di wilayah perkebunan tersebut pertama kali teridentifikasi pada Sabtu (12/10/2024), sekitar jam 19.30 WITA.

Kapolsek Luwuk AKP Muh. Asdar, mengungkapkan kebakaran hutan dan lahan kebun terletak sekitar 100 meter dari Jalan Trans Sulawesi, Desa Salodik.

BACA JUGA:  Polisi Olah TKP Penemuan Mayat Pria di Kampus Untika Luwuk

“Api menjalar dan semakin membesar begitu cepat karena kondisi angin sangat kencang yang membakar pohon-pohon yang berada di sekitar lahan tersebut,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Pj Bupati Aceh Besar Kagum dengan Keindahan Panaroma Alam Banggai

Tak menunggu lama, Polsek Luwuk merespons laporan tersebut dan bersama-sama Dinas Pemadam kebakaran, serta masyarakat menuju lokasi kebakaran.

“Personel gabungan berhasil memadamkan api yang membakar sekitar 100 pohon cingkeh dan pinus dengan luas diperkirakan satu hektar,” kata Asdar.

BACA JUGA:  Tumpah Ruah, Warga Antusias Hadiri Kampanye Ma Anti dan Om Bali di Bangketa

Penyebab kebakaran ini diduga kerena pemilik lahan Ahmad Suaebu saat melakukan pembersihan kebun sore harinya melakukan pembakaran rumput parasan. 

“Kepada masyarakat agar selalu berhati-hati saat beraktivitas di kawasan hutan, serta bijak dalam membuang puntung rokok dan tidak membersihkan lahan dengan cara dibakar,” imbaunya. (*)