BeritaDaerahNews

Tata Kelola Perikanan dan Kelautan yang Inklusif Jadi Program Unggulan Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang untuk Kesejahteraan Nelayan

358
×

Tata Kelola Perikanan dan Kelautan yang Inklusif Jadi Program Unggulan Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang untuk Kesejahteraan Nelayan

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Program tata kelola perikanan dan kelautan yang inklusif adalah program yang akan dikerjakan Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Banggai, Sulianti Murad dan Samsul Bahri Mang. 

Demikian dikatakan Rinto Alimun sala satu tokoh masyarakat yang telah lama berkecimpung dengan persoalan perikanan dan kelautan. 

Menurut Rinto sapaan akrabnya, tata kelola perikanan dan kelautan yang inklusif adalah sistem pengelolaan sumber daya laut yang melibatkan partisipasi aktif nelayan lokal, serta memastikan akses yang adil terhadap sumber daya dan kesempatan ekonomi di sektor tersebut. 

BACA JUGA:  Selamat, Kajari Balut Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude di Unsrat Manado

“Tujuan dari tata kelola yang inklusif adalah untuk melindungi lingkungan laut dan perikanan secara berkelanjutan, serta meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi nelayan dan komunitas pesisir” terangnya.

BACA JUGA:  Hari Ini, Yamaha Prima Motor Akan Gelar Jumat Berkah di Masjid Al Muhajirin 

Selanjutnya Rinto menjelaskan bahwa paling tidak ada tujuh prinsip dalam tata kelola perikanan kelautan yang inklusif.

Pertama partisipasi nelayan, kedua 

akses setara terhadap sumber daya, ketiga perlindungan terhadap laut, keempat perlindungan hukum, kelima penggunaan teknologi dan inovasi, kelima penguatan kelembagaan lokal dan ketujuh adalah kesejahteraan ekonomi nelayan. 

BACA JUGA:  Polisi Olah TKP Penemuan Mayat Pria di Kampus Untika Luwuk

“Dengan penerapan tata kelola perikanan yang inklusif, diharapkan akan tercipta keseimbangan antara kebutuhan ekonomi nelayan dan perlindungan ekosistem laut, sehingga sumber daya perikanan dapat terus memberikan manfaat bagi generasi saat ini dan yang akan datang” tutup Rinto. (*)