BeritaDaerahNews

Salah Satu Calon Bupati Banggai Diduga Kampanye di Masjid, Bawaslu Segara Turun Lakukan Penelusuran 

98
×

Salah Satu Calon Bupati Banggai Diduga Kampanye di Masjid, Bawaslu Segara Turun Lakukan Penelusuran 

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai tidak ingin tinggal diam atas beredar sebuah video salah satu Calon Kepala Daerah yang diduga melakukan kampanye di salah satu masjid. 

Kordiv Hukum dan Sengketa Bawaslu Banggai Abdul Rahman Sangkota melalui via pesan WhatsApp pada Jumat 27 September 2024 pihaknya akan melakukan penelusuran atas beredarnya sebuah video salah satu calon Bupati Banggai yang diduga melakukan pelanggaran yang terjadi di Desa Mendono Kecamatan Kintom. 

“Untuk informasi awal yang masuk ke kita terkait dugaan pelanggaran yang terjadi di kecamatan kintom Desa Mendono, kita akan melakukan penelusuran besok untuk memastikan kebenaran video tersebut dengan menemui beberapa pengurus mesjid dan panitia kegiatan tersebut, ” ujar Abdul Rahman Sangkota. 

BACA JUGA:  Di Hadapan Masyarakat Bualemo, Ahmad Ali Akan Prioritaskan Perbaikan Jalan Hingga Bangun Rumah Sakit Pratama 

Ditanya soal sanksi yang berpotensi didapatkan oleh pasangan paslon Bupati Banggai yang diduga melakukan pelanggaran tersebut, Abd Rahman mengaku belum dapat memberikan penekanan sanksi yang akan diberikan pada calon kepala daerah yang dimaksud. 

“Kita belum bisa memberikan penekanan untuk sanksi yang diberikan, sebab kita masih dalam proses penelusuran dan akan mengkaji terkait pasal dan sanksi apa yang akan mengena terhadap dugaan pelanggaran tersebut,” bebernya lagi. 

BACA JUGA:  Dispar Banggai Dapat Kunjungan Pj Bupati Aceh Besar dan Pjs Bupati Raziras

“Tentunya lewat penelusuran kita akan bisa mengungkap semua fakta-fakta  yang ada dan pengenaan pasalnya pak, ” tulisnya lagi. 

Sebelumnya, potongan video berdurasi 2 menit 53 detik beredar di platform media sosial terlihat salah seorang pria mengenakan baju putih berbicara menggunakan mic di hadapan sejumlah masyarakat di bangunan yang menyerupai tempat ibadah umat muslim. 

Pria yang diduga salah satu calon kepala daerah Kabupaten Banggai itu menyampaikan kalau saat ini merupakan tahapan kampanye yang sementara berlangsung. 

“Yang mana saya telah mengamanatkan ketika saya mengambil nomor urut,  bahwa mari kita melaksanakan kegiatan pemilukada ini dengan senang hati, dengan gembira, karena ini pesta demokrasi, ” ucap pria dalam video tersebut. 

BACA JUGA:  Pimpin DPRD, Patwan Kuba Ajak Anggota Tuluskan Niat Wujudkan Balut yang Maju dan Sejahtera 

Dalam video tersebut pria ini juga menyampaikan masyarakat tidak perlu saling memfitnah, saling mencaci maki antara satu dengan yang lain. Namun lebih mengedepankan visi dan misi Calon Kepala Daerah untuk di kemudian hari. 

Setelah berbicara panjang, di akhir sambutannya, pria tersebut meminta doa dan dukungan di sela-sela acara peringatan maulid nabi Muhamad di Masjid Desa Mendono. ***