BeritaDaerahNews

Selama Tiga Hari, BPKAD Banggai Sosialiasi Aplikasi e-BMD

171
×

Selama Tiga Hari, BPKAD Banggai Sosialiasi Aplikasi e-BMD

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Dalam upaya memperkuat pengelolaan dan penatausahaan Barang Milik Daerah (BMD), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banggai menggelar sosialisasi terkait implementasi Aplikasi Barang Milik Daerah e-BMD, Selasa (10/9/2024) di Hotel Santika Luwuk. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengguna barang, pejabat penatausahaan pengguna barang, dan pengurus barang pengguna dalam penatausahaan BMD, dengan mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pembukuan, Inventarisasi, dan Pelaporan Barang Milik Daerah.

Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, MM dalam sambutannya saat membuka acara, menekankan pentingnya pemahaman terhadap administrasi kepemilikan aset daerah, agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan daerah.

BACA JUGA:  Yamaha Prima Motor Ramaikan Pameran BGE 2024, Dapatkan Promo Menarik!

“Ada barang milik daerah yang kita miliki namun tidak kita kuasai, karena ini berkaitan dengan masalah administrasi kepemilikan, misalkan aset-aset yang tidak bergerak,” ujarnya Furqanuddin.

Sosialisasi yang berlangsung selama tiga hari ini dihadiri oleh narasumber, Subdit BMD Wilayah II Direktorat BUMD, BLUD dan Barang Milik Daerah, Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan Lembaga Pengkajian dan Penerapan Ilmu Administrasi Fakultas Universitas Indonesia, Cahya Arie Nugroho dan Febria Avicena, S.I.A, M.Α.Ρ

BACA JUGA:  Promo Spesial September Bersama Cokro 2000 di Pameran BGE 2024, Potongan Angsuran Sampai 6 Bulan 

Aplikasi Barang Milik Daerah e-BMD sendiri merupakan sistem aplikasi keuangan yang diimplementasikan secara teknis untuk mengakomodasi standarisasi tata kelola informasi keuangan daerah. 

Aplikasi ini telah terintegrasi secara online dan mencakup berbagai modul, seperti modul penganggaran, modul perbendaharaan, modul BUD (Bendahara Umum Daerah), modul akuntansi, dan modul pengelolaan aset.

Total peserta yang hadir dalam kegiatan ini mencapai 183 orang, terdiri dari 59 pengguna barang, 59 pejabat penatausahaan pengguna barang, 59 pengurus barang pengguna, dan 6 orang dari Bidang Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Banggai Laut.

BACA JUGA:  Turunkan Baliho Cuma Prank, Warga Lontos Tetap Solid Dukung Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang 

Furqanuddin berharap seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa memberikan masukan yang konstruktif kepada tim penyusun, agar rumusan yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Saya berharap betul-betul semua pimpinan OPD bisa memberikan masukan-masukan kepada tim agar nanti rumusan yang kita capai hari ini berkaitan dengan bagaimana penatausahaan milik daerah bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tegas Wabup Banggai. (*)