BeritaDaerahNews

MBKM Mandiri: 244 Mahasiswa AMIK Luwuk Berangkat ke Touna, Hari Ini Penyerahan ke Kecamatan

2449
×

MBKM Mandiri: 244 Mahasiswa AMIK Luwuk Berangkat ke Touna, Hari Ini Penyerahan ke Kecamatan

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id– Sebanyak 244 mahasiswa AMIK Luwuk Banggai telah dilepas dan berangkat ke Kabupaten Tojo Una-una (Touna) untuk melaksanakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri tahun 2024.

Ratusan mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan di lapangan selama empat bulan di Touna itu dilepas Ketua Yayasan, Dr. H. Marwan M. Londol, S.Kom., M.M, Minggu 1 September 2024.

Setelah tiba di Touna, hari ini Senin 2 September 2024, mahasiswa akan diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Touna.

BACA JUGA:  19 Tahun Mengabdi, PEPC Regional Indonesia Timur Perkuat Kolaborasi Wujudkan Kinerja Keberlanjutan Hulu Migas

“Hari ini (penyerahan ke Pemda Touna). Tapi berubah secedule, karena tidak ada pak bupati dan wakil jadi penerimaan dilakukan di masing masing kecamatan,” ungkap Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama AMIK Luwuk Banggai, Trisno Wibowo kepada media ini, Senin 2 September 2024.

Sebelumnya diberitakan, Program MBKM Mandiri yang diikuti 244 mahasiswa ini terdiri dari Program Membangun Desa, Program Magang Mandiri, Program Magang Kerja, Magang Mitra dan Kampus Mengajar Kementerian.

BACA JUGA:  Ditanya Soal Tambang Batu Gamping di Bangkep, Ini Jawaban Tegas Ahmad Ali

“Kegiatan MBKM tahun ini dipusatkan di Kabupaten Tojo Una-una,” ungkap Yeti Kule, S.Kom., M.M, Sekretaris Panitia MBKM Mandiri AMIK Luwuk.

Ia menjelaskan, misi utama MBKM tahun ini terkhusus program membangun desa adalah membantu digitalisasi desa dan peningkatan SDM dalam bidang teknologi informasi.

“Kegiatan ini berlangsung selama empat bulan atau satu semester yang dimulai dari tanggal 1 September 2024. Nantinya mahasiswa yang ikut program ini, nilanya akan dikonversi menjadi 20 SKS untuk satu semester lima,” bebernya.

BACA JUGA:  Antusiasme Warga Manggalai dan Apal Sambut Cawabup Serfi Kambey, Sosok Pembawa Perubahan 

Tahun ini adalah tahun ke 3, AMIK Nurmal Luwuk melaksanakan MBKM secara mandiri, yang diharapkan mahasiswa bukan hanya dapat belajar di lapangan tapi juga dapat langsung terlibat dan memberikan dampak positif untuk masyarakat.

“MBKM ini sebagai amanah undang undang dan arahan langsung dari menteri lewat Kepala LLDIKTI 16, AMIK Nurmal Luwuk akan ikut mensukseskan kegiatan MBKM baik flagsip nasional maupun mandiri,” tandasnya. (*)