BeritaDaerahNews

Pulihkan Ekonomi, Pemdes Oluno Salurkan BLT-DD Bulan Juli 2024

732
×

Pulihkan Ekonomi, Pemdes Oluno Salurkan BLT-DD Bulan Juli 2024

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id –  Dalam rangka mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional, Pemerintah Desa (Pemdes) Oluno kecamatan Bulagi Kabupaten Banggai Kepulauan menyalurkan program perlindungan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa, Minggu (21/7/2024) di gedung Balai pertemuan rakyat Desa Oluno.

Acara Penyaluran dihadiri oleh Pj. Kepala Desa Oluno, Ketua BPD bersama Anggota, Perangkat Desa Oluno, Pendamping Desa dan para Penerima Bantuan.

BLT Dana Desa sendiri diperuntukkan bagi masyarakat Kalurahan yang memenuhi kriteria tertentu antara lain keluarga miskin, keluarga yang ada warga sakit kronis/menahun, tidak memiliki pekerjaan dan belum mendapat bantuan sosial lain.

BACA JUGA:  Mantan Bupati Sofhian Mile Ajak Masyarakat Menangkan  Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang

Adapun besaran BLT bulan ini sama seperti Bulan yang lalu sebesar Rp300.000 disalurkan kepada 56 Keluarga Penerima Manfaat.

 “Bantuan Langsung Tunai ini Bersumber dari Dana Desa, tahun 2024. Maksud dari Bantuan ini supaya dibelikan Bahan Pokok, sehari-hari sehingga bisa mengurangi beban hidup masyarakat. Dana Desa juga digunakan untuk mendukung program ketahanan pangan dan hewani serta penanganan peningkatan kesehatan masyarakat, termasuk penurunan stunting di Desa Oluno” ungkap Pj Kepala Desa Oluno Agustini Pania.

BACA JUGA:  Program SJSP Ayam Pedaging Tak Berkelanjutan, Penerima Manfaat di Toili Merugi

Dampak dari penyaluran BLT DD sangat signifikan bagi penguatan ekonomi di tingkat desa. 

Pertama, BLT DD meningkatkan daya beli masyarakat desa, yang pada gilirannya mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. 

Dengan adanya pendapatan tambahan dari BLT DD, masyarakat dapat membeli barang dan jasa lokal, sehingga mendukung para pelaku usaha mikro dan kecil di desa.

BACA JUGA:  Keren, Majelis Taklim Al Fattah Bukit Mambual Juarai Lomba Sholawat 

Kedua, BLT DD juga dapat menjadi stimulus bagi pengembangan usaha mikro dan kecil di desa. 

Sebagian penerima BLT DD dapat menggunakan dana tersebut untuk modal usaha, seperti membuka warung kecil, usaha pertanian skala kecil, atau kerajinan tangan. 

Hal ini dapat menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa secara berkelanjutan.(RS)**