BeritaDaerahNewsPendidikan

TK Negeri Satap Maahas Gelar MPLS, Peserta Didik Antusias 

990
×

TK Negeri Satap Maahas Gelar MPLS, Peserta Didik Antusias 

Sebarkan artikel ini
Abadikan momen bersama peserta didik baru di sela-sela MPLS. FOTO: IST
Example 300250

Banggaikece.id– Selama dua pekan, TK Negeri Satu Atap (Satap) Maahas menggelar masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru tahun ajaran 2024/2025.

Beragam kegiatan diisi salam MPLS yang dimulai dari tanggal 8 Juli 2024, dan diikuti puluhan peserta didik baru yang begitu antusias.

Dalam kegiatan MPLS ini, TK Negeri Satap Maahas mendapat kunjungan dari Penilik Drs. Arham yang menyempatkan melakukan penyematan kartu tanda pengenal kepada peserta didik, secara simbolis.

“MPLS dilakukan selama dua Minggu, untuk jumlah murid belum bisa dipastikan. Karena saat ini masih bertambah terus,” ungkap Kepala TK Negeri Satap Maahas, Herlina Tou S.Pd., kepada media ini, Kamis 11 Juli 2024.

BACA JUGA:  Duh! Baru Setahun Dikerjakan, Jalan Dana Inpres di Simpang Raya Sudah Rusak

Namun untuk kuota kata Kepsek, sekolahnya membatasi cukup menerima 100 peserta didik. Ini sesuai dengan ruang kelas belajar yang ada, bahkan ruang kepala sekolah pun harus dibuat sebagai ruang kelas.

Kepsek Herlina Tou menjelaskan soal MPLS yang dilaksanakan sekolahnya. MPLS ini kata dia, adalah sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan para siswa baru terhadap semua hal yang berhubungan dengan sekolah.

“Memperkenalkan lingkungan sekolah yang membuat anak-anak usin 3-6 tahun nyaman dan ketagihan kembali lagi ke sekolah setiap harinnya, menjadi prioritas utama kegiatan MPLS TK dan PAUD,” kata Herlina Tou.

BACA JUGA:  Rakor KPA Tingkat Sulteng, Upaya Tingkatkan Penanggulangan dan Pencegahan HIV-AIDS

Tujuannya kata kepsek, pertama mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baur untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dab sekitarnya, menumbuhkan motivasi, semangat dan bagaimana cara belajar efektif sebagai siswa baru di sekolah, dan menumbuhkan perilaku yang positif.

Adapun beragam kegiatan yang diisi dalam MPLS selama dua pekan itu, Senin dilakukan pembagian kelas, perkenalan siswa dan guru, Selasa perkenalan diri nama lengkap, usia dan tempat tinggal, Rabu perkenalan nama ruangan dan ape indoor serta outdoor, Kamis Toilet Training dan Bermain bebas, Jumat kegiatan imtak keagamaan, dan Sabtu senam bersama dan membuat aturan kelas.

BACA JUGA:  Datang di Banggai Government Expo, Kalla Toyota Berikan Promo Menarik!

Untuk Minggu kedua, TK Negeri Satap Maahas akan Memperkenalkan alat permainan di dalam maupun di luar kelas atau ruangan sekaligus cara aturan bermainnya.

Contoh seperti Meja, Kursi, Papan tulis, Alat peraga edukatif dan lain- lainnya. Ditambah dengan cerita yang menarik buat anak-anak.

Tak ketinggalan, memperkenalkan aturan main atau kesepakatan kelas. (*)