BeritaDaerahNews

Fatiyah Suryani Mile: Bangkep Punya Kekayaan Bahari yang Sangat Luar Biasa!

784
×

Fatiyah Suryani Mile: Bangkep Punya Kekayaan Bahari yang Sangat Luar Biasa!

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id – Sebagai daerah maritin, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) Punya Kekayaan Bahari yang sangat luar biasa dan memiliki banyak potensi Perikanan dan  Pariwisata.

Hal ini diuangkapkan oleh Calon Bupati Banggai Kepulauan  Hj Fatiyah Suryani Mile

Sela-sela diskusi dengan beberapa Tokoh masyarakat Kecamatan Bulagi Utara yang datang bersilaturahmi di Markas Pemenangan SMILE-MAN, Jumat 20/9/2024.

Calon Bupati yang Akrab disapa Ibu Yani menyampaikan bahwa sejak Tahun 2000-an di awal-awal Banggai Kepulauan bediri di masa kepemimpinan Almarhum Bupati Ali Hamid, Ia sudah berkecimpung dengan Tataruang Laut waktu itu.

BACA JUGA:  Forum Perlindungan Korban Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Banggai Dikukuhkan, Pertama di Sulteng

Suryani Mile waktu itu, sebagai Mitra Kementerian Kelautan dan Perikanan bukan hanya di Bangkep tetapi juga sampai ke Pulau-pulau terluar yang sekarang menjadi wilayah Kabupaten Banggai Laut (Balut).

Sehingga spot-spot Laut dan Pesisir itu cukup banyak dietahuinya, seluk beluknya dan potensi pengembanganya.

BACA JUGA:  Pimpin DPRD, Patwan Kuba Ajak Anggota Tuluskan Niat Wujudkan Balut yang Maju dan Sejahtera 

Suryani Mile juga mengatakan, setelah merampungkan pemetaan Banggai Kepulauan waktu itu, Ia kemudian bergeser ke Sangir Sulawesi Utara dan tempat-tempat lain di Indonesia yang kebanyakan adalah daerah kepulauan.

“Yang akhir-akhir ini kami lakukan di Bangkep di tahun 2023 adalah menggandeng Pemerintah dan LSM Lingkungan Hidup Internasional asal Prancis yang konsentrasinya di isu-isu kelautan melakukan sosialisasi terkait konservasi perairan dan pengembangan kapasitas nelayan di Kecamatan Buko Selatan,” ujarnya.

BACA JUGA:  Polisi Olah TKP Penemuan Mayat Pria di Kampus Untika Luwuk

Suryani menegaskan, Banggai Kepulauan memiliki Kekayaan Bahari yang sangat luar biasa bukan hanya Perikanannya termasuk Pariwisatanya pun tematiknya adalah Pariwisata Bahari.

Dengan potensi yang luar biasa ini, Ia optimis bisa membawa Banggai Kepulauan lebih maju melalui kekayaan bahari tersebut. (*)