BeritaDaerahNews

Selamat, I Komang Rendi dan Naura Meyrisenda Dinobatkan sebagai Duta GenRe Banggai 2024

1373
×

Selamat, I Komang Rendi dan Naura Meyrisenda Dinobatkan sebagai Duta GenRe Banggai 2024

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Bangggaikece.id – I Komang Rendi dan Naura Meyrisenda dinobatkan sebagai Pasangan Duta Berencana (GenRe) Kabupaten Banggai tahun 2024, Minggu (4/8/2024) di Gedung Graha Pemda Kabupaten Banggai. 

Rangkaian seleksi ketat yang diikuti oleh 42 peserta, hingga terpilih 10 finalis melaju ke grand final, pada akhirnya terpilih I Komang  dan Naura menjadi wajah baru dari Generasi Berencana (GenRe) di Kabupaten Banggai. 

Sebagaimana diketahui, Program GenRe bertujuan meningkatkan sosialisasi dan promosi terkait pengembangan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja sebagai wadah pelayanan informasi dan konseling. 

Dalam hal ini, figur motivator dari kalangan remaja sangat diperlukan, kehadiran Duta GenRe diharapkan mampu mendorong dan memotivasi remaja lainnya untuk aktif dalam program-program pembangunan yang terkait dengan kesehatan reproduksi, perencanaan keluarga, dan peningkatan kualitas hidup generasi muda.

BACA JUGA:  Datang di Banggai Government Expo, Kalla Toyota Berikan Promo Menarik!

Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Banggai telah memasuki tahun kelima sejak pertama kali diadakan pada 2019. 

Selama lima tahun terakhir, pemilihan ini telah beberapa kali berhasil membawa perwakilan ke ajang nasional.

Berdasarkan data bahwa Penduduk Sulawesi Tengah berjumlah 3,06 juta jiwa, dengan proporsi Generasi Z sebanyak 31,25%. Dalam sambutan tertulis Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah, yang dibacakan oleh Ketua Tim Kerja 2 Ketahanan keluarga dan pencegahan stunting BKKBN Sulteng, Ir. Kartini, M.Si menekankan pentingnya mobilisasi Gen-Z menuju era bonus demografi. 

“Jumlah remaja usia 10-24 tahun di Kabupaten Banggai sendiri mencapai 92.816 jiwa atau 26,16% dari total penduduk, angka-angka ini menunjukkan potensi besar remaja Banggai untuk memajukan daerahnya dan menjadi modal penting bagi Bupati Banggai dalam visi Terwujudnya Banggai Maju, Mandiri, dan Sejahtera Berbasis Kearifan Lokal,” jelas Kartini. 

BACA JUGA:  Lomba Pentas Seni Meriahkan Banggai Government Expo, Mulai Pop Singer Hingga Dero Kreasi

Bonus demografi membuka peluang besar bagi pembangunan ekonomi dan sosial. Untuk memanfaatkannya, diperlukan generasi muda yang berkualitas, sehat, dan produktif. Di sinilah program GenRe berperan, mempersiapkan remaja menjadi individu yang bertanggung jawab dalam kesehatan reproduksi dan perencanaan keluarga.

Pemilihan Duta GenRe tahun ini melibatkan remaja dari berbagai kecamatan di Kabupaten Banggai, termasuk Luwuk, Luwuk Utara, Luwuk Selatan, Nambo, Bualemo, Toili, Toili Jaya, Bunta, dan Pagimana. 

Dalam sambutan tertulis Bupati Banggai yang diwakili oleh Sekretaris Dinas P2KB-РЗА Dra. Inaya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta Duta GenRe Kabupaten Banggai 2024 yang berhasil lolos ke babak grand final.

BACA JUGA:  Menang 2-0, King Peace Fc Juara Grup K Mini Soccer Matindok Cup 2024

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Banggai, saya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta Duta GenRe Kabupaten Banggai tahun 2024, yang berhasil lolos ke babak grand final, Insha Allah, kerja keras dari adik-adik sekalian, mulai dari tahap awal proses karantina hingga saat ini dapat membuahkan hasil yang diharapkan,” tuturnya. 

Juga dirangkaikan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai, dan Dinas P2KB-РЗА Kabupaten Banggai tentang percepatan penurunan stunting melalui pelayanan kesehatan reproduksi bagi calon pengantin di Kabupaten Banggai.

Turut Hadir Bunda GenRe Ir. Hj. Syamsuarni Amirudin, SE., MM., para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Banggai, instansi vertikal Kabupaten Banggai, dan Forum Genre Provinsi Sulawesi Tengah. (*)