BeritaDaerahNews

Kegiatan POPDA di Banggai Buka Peluang Bagi Pasar Ekonomi Kreatif Lokal

352
×

Kegiatan POPDA di Banggai Buka Peluang Bagi Pasar Ekonomi Kreatif Lokal

Sebarkan artikel ini
Kegiatan POPDA Tingkat Provinsi Sulteng yang dihelat di Luwuk Kabupaten Banggai, membuka peluang besar bagi pasar ekonomi kreatif lokal. FOTO: IST/DOK. DISPAR BANGGAI
Example 300250

Banggaikece.id– Kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Sulawesi Tengah yang berlangsung di Kabupaten Banggai tidak hanya menjadi ajang kompetisi olahraga, tetapi juga membuka peluang besar bagi pasar ekonomi kreatif lokal. 

Berbagai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang ekonomi kreatif memanfaatkan momen ini untuk memasarkan dan mempromosikan produk-produk unggulan para pelaku usaha lokal, mulai dari produk makanan lokal sampai produk kerajinan tangan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai, Drs.Hery A.Mantuges, menyampaikan bahwa POPDA kali ini diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai daerah, yang secara otomatis meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Banggai. 

BACA JUGA:  Datang di Banggai Government Expo, Kalla Toyota Berikan Promo Menarik!

“Kegiatan ini merupakan kesempatan baik bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk memperkenalkan dan menjual produk mereka kepada pengunjung,” ujar Sekdis, Rabu 31 Juli 2024.

Para pengunjung dapat menikmati dan membeli berbagai produk kreatif yang dihasilkan oleh tangan-tangan terampil masyarakat Banggai.

BACA JUGA:  Ayo Ramaikan Berlangsung 4 Hari, Banggai Government Expo 2024 Resmi Dibuka

Kegiatan POPDA yang berlangsung dari tanggal 30 Juli hingga 3 Agustus 2024 ini, diharapkan dapat menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi kreatif di Kabupaten Banggai. 

“Kami optimis, dengan dukungan pemerintah dan partisipasi aktif masyarakat, ekonomi kreatif di Kabupaten Banggai akan semakin maju dan berdaya saing,” lanjut sekdis.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk meningkatkan prestasi olahraga, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkuat ekonomi lokal dan mengenalkan produk kreatif Banggai ke kancah yang lebih luas.

BACA JUGA:  Rakor KPA Tingkat Sulteng, Upaya Tingkatkan Penanggulangan dan Pencegahan HIV-AIDS

Seperti harapan Kadis pariwisata, Ismed M.Wardhana,S.STP,M.Si., bahwa pasar kreatif tidak hanya digelar di event tertentu saja, tetapi juga dapat tampil di berbagai peluang lain seperti festival, pameran dan acara acara lokal lainnya.

Dengan demikian bidang Ekonomi kreatif dapat semakin berkembang dan memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian daerah. (*)