BeritaDaerahNewsOlahraga

Resmi Dibuka Gubernur, 793 Atlet Ramaikan POPDA Tingkat Provinsi Sulteng di Luwuk 

264
×

Resmi Dibuka Gubernur, 793 Atlet Ramaikan POPDA Tingkat Provinsi Sulteng di Luwuk 

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura secara resmi membuka POPDA Tingkat Provinsi Sulteng pada Selasa malam 30 Juli 2024. FOTO: DOK. DKISP BANGGAI
Example 300250

Banggaikece.id – Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, membuka secara resmi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XXII Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, pada Selasa (30/7/2024), di Lapangan Tribun Mirqan Halimun, Luwuk.

Mengawali sambutannya, Gubernur Rusdy Mastura mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Banggai dan masyarakatnya sebagai penyelenggara sekaligus tuan rumah pelaksanaan POPDA XXII Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024.

“Kejuaraan ini merupakan ajang pemantauan terhadap atlet-atlet potensial dalam rangka persiapan mengikuti Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (PRA POPNAS) Zona V yang akan dilaksanakan di Provinsi Gorontalo pada tanggal 1 Agustus s.d 8 Desember 2024,” tutur Rusdy.

BACA JUGA:  Turunkan Baliho Cuma Prank, Warga Lontos Tetap Solid Dukung Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang 

Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ini berperan sebagai satuan pembinaan atlet pelajar berprestasi, yang mana event olahraga pelajar ini menjadi ajang evaluasi sejauh mana capaian pembinaan yang telah dilakukan melalui satuan-satuan olahraga di Kabupaten/Kota setiap tahunnya.

“Hal ini dimaksudkan agar tercipta kualitas sumber daya manusia dibidang olahraga yang berdaya saing, yakni memiliki kebugaran, berkarakter dan berprestasi,” jelas Rusdy.

Beliau berharap, semoga spirit dari event POPDA kali ini dapat mendorong pembangunan olahraga Sulawesi Tengah yang menjadi bagian penting untuk terus kita usahakan melalui peningkatan indeks pembangunan olahraga.

Dalam sambutannya, Wabup Banggai, Drs. Furqanuddin Masulili mengatakan, ini merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi Kabupaten Banggai, mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah pelaksanaan POPDA XXII Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024.

BACA JUGA:  Ayo Ramaikan Berlangsung 4 Hari, Banggai Government Expo 2024 Resmi Dibuka

“Untuk itu, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai serta seluruh masyarakat mengucapkan selamat datang di Kota Luwuk Ibukota Kabupaten Banggai,” tutur Wabup Furqanuddin.

Sebagai tuan rumah, lanjut Wabup Furqanuddin, tentunya telah berupaya semaksimal mungkin untuk dapat memberikan yang terbaik demi kemajuan olahraga pelajar khususnya di Kabupaten Banggai dan Sulawesi Tengah.

Pembukaan ini dimeriahkan dengan parade dari kontingen peserta dan penampilan seni budaya yang menggambarkan keragaman budaya Sulawesi Tengah. 

BACA JUGA:  Duh! Baru Setahun Dikerjakan, Jalan Dana Inpres di Simpang Raya Sudah Rusak

POPDA XXII Tahun 2024 ini diikuti oleh 793 atlet, 139 pelatih dan 132 official dengan total keseluruhan sebanyak 1062 orang yang terdiri dari 13 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah. 

Kegiatan ini juga akan mempertandingkan sejumlah cabang olahraga diantaranya, bola basket, bola voli, bulutangkis, pencak silat, sepak bola, sepak takraw, tenis lapangan, dan tinju.

Dengan dukungan penuh dari masyarakat dan para pejabat daerah, POPDA XXII diharapkan dapat menjadi ajang yang tidak hanya mempromosikan olahraga di kalangan pelajar, tetapi juga memperkuat hubungan antar daerah. (*)