BeritaDaerahNewsPendidikan

IHTO: SMAN 1 Luwuk Berbenah, Urgensi Rapor Pendidikan dalam Penyusunan RKAS

393
×

IHTO: SMAN 1 Luwuk Berbenah, Urgensi Rapor Pendidikan dalam Penyusunan RKAS

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id— Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan literasi seluruh stakeholder terhadap mekanisme penyusunan RKAS, SMA Negeri 1 Banggai menggelar In House Training (IHTO), Selasa 23 Juli 2024.

Kegiatan ini mengusung tema SMA 1 Luwuk Berbenah: Urgensi Rapor Pendidikan dalam Penyusunan RKAS.

Untuk suksesnya kegiatan ini, SMAN 1 Luwuk mendatangkan narasumber, Ruslan, S.Pd., M.Pd., selaku Pengawas Pembina Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki dan memperkaya proses penyusunan Rencana 

Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dengan memanfaatkan data dan informasi dari capaian rapor pendidikan yang ada. 

Acara tersebut dihadiri oleh Pengawas Pembina Wilayah V, Aminullah, S.Pd., M.Pd dan seluruh staf dewan guru dan tata usaha.

BACA JUGA:  Lomba Pentas Seni Meriahkan Banggai Government Expo, Mulai Pop Singer Hingga Dero Kreasi

Dalam pemaparannya nara sumber menjelaskan secara gamblang betapa pentingnya rapor pendidikan dalam penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) di sekolah yang antara lain bahwa rapor pendidikan harusnya dijadikan sebagai acuan sebagai dasar perencanaan berbasis data. 

Rapor pendidikan merupakan platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem Pendidikan sehingga melalui rapor pendidikan, sekolah dan dinas pendidikan dapat memperoleh informasi tentang kualitas satuan pendidikan atau daerah.

“Dengan adanya rapor pendidikan, diharapkan sekolah dapat merancang kegiatan berdasarkan data yang valid dan objektif. Ini memastikan bahwa perencanaan tidak hanya berdasarkan keinginan sesaat kepala sekolah, tetapi juga didukung oleh analisis data yang akurat, Data dari rapor pendidikan ini membantu dalam mengidentifikasi, merefleksikan, dan membenahi kualitas pendidikan secara menyeluruh” beber Ruslan melanjutkan pemaparannya.

BACA JUGA:  Rakor KPA Tingkat Sulteng, Upaya Tingkatkan Penanggulangan dan Pencegahan HIV-AIDS

Acara yang dikemas santai tersebut kembali membuka wawasan betapa peranan rapor pendidikan sekolah sangatlah penting untuk merencanakan program-program yang lebih akurat dan efisien di sekolah. 

“Perencanaan berbasis data membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan alokasi sumber daya yang tepat” katanya menutup presentasi.

BACA JUGA:  Ayo Ramaikan Berlangsung 4 Hari, Banggai Government Expo 2024 Resmi Dibuka

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab oleh beberapa peserta untuk menggali  lebih jauh tema-tema yang telah disajikan.

Kepala SMA Negeri 1 Luwuk, Drs. Ardi, M.M dalam sambutannya ketika membuka acara IHT ini menambahkan bahwa implementasi rapor pendidikan akan membantu sekolah dalam merencanakan dan mengalokasikan sumber daya secara lebih efisien.

Ia juga menegaskan agar kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus ditingkatkan pada masa-masa yang akan datang dalam rangka pengembangan sumber daya secara berkelanjutan demi kemajuan pendidikan di SMA Negeri 1 Luwuk. (*)