BeritaDaerahNews

902 PPPK Ikuti Orientasi untuk Tingkatkan Kapasitas ASN

2687
×

902 PPPK Ikuti Orientasi untuk Tingkatkan Kapasitas ASN

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Sebanyak 902 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banggai mengikuti Orientasi PPPK, Selasa (23/7/2024), di Aula BKPSDM Banggai, Luwuk selatan.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Bupati Banggai Amirudin tersebut wajib diikuti oleh PPPK tenaga kesehatan, teknis, maupun guru.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Banggai Sofian Datu Adam mengatakan, kegiatan orientasi bertujuan memberikan pemahaman lewat pembelajaran kepada PPPK tentang wawasan kebangsaan, aspek kepribadian, kode etik berperilaku, penyelenggaraan pemerintahan, serta budaya kerja di pemerintahan.

BACA JUGA:  Faperta Untika Luwuk Buka Penerimaan Maba Program Magister Ilmu Pertanian 

“Orientasi PPPK ini wajib diikuti oleh seluruh PPPK yang telah diangkat dan diambil sumpah atau telah dikukuhkan. Ini sama dengan latsar (pelatihan dasar) bagi CPNS, sama-sama dalam rangka memberikan pembekalan,” ujar Sofian.

Kegiatan tersebut juga menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kapasitas aparatur sipil negara di Kabupaten Banggai.

Di samping itu, keberpihakan pada tenaga honorer untuk diangkat menjadi PPPK menjadi prioritas pemerintah daerah.

Setelah mengukuhkan 1.711 PPPK (2023)

BACA JUGA:  Turunkan Baliho Cuma Prank, Warga Lontos Tetap Solid Dukung Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang 

beberapa waktu lalu, di tahun 2024, Pemda Banggai kembali mengusulkan sebanyak 1.625 formasi PPPK.

Bupati Amirudin berharap PPPK dapat terus menjaga motivasi kerja. “Saya berharap motivasinya sama sewaktu masih jadi honorer,” kata dia.

Pada kesempatan itu, bupati juga menegaskan bahwa PPPK memiliki posisi yang setara dengan PNS. Ini membuka peluang bagi PPPK dalam mengembangkan kariernya.

“Nanti ada PPPK yang akan saya lantik jadi kepala sekolah. Nanti kita lihat. Jadi, pengabdiannya ini tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga bagi masyarakat. Dan tidak menutup kemungkinan juga, PPPK yang bertugas di puskesmas bisa menjadi kepala puskesmas,” tutur Bupati Amirudin.

BACA JUGA:  Yamaha Prima Motor Ramaikan Pameran BGE 2024, Dapatkan Promo Menarik!

Kepala BKPSDM Banggai menambahkan bahwa kegiatan orientasi PPPK telah mendapat izin prinsip dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI. “Sehingga pada saat selesai, semua resmi mendapat sertifikat yang bisa digunakan untuk angka kredit,” tutur Sofian.

Orientasi PPPK dilaksanakan selama 15 hari kerja melalui belajar mandiri, dan selama tiga hari kerja melalui zoom meeting. (*)