BeritaDaerahNews

Kehadiran Dapur Sehat Bergizi Atasi Stunting Bentuk Dukungan Pilar 4

226
×

Kehadiran Dapur Sehat Bergizi Atasi Stunting Bentuk Dukungan Pilar 4

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id– Kehadiran atau pembentukan Dapur Sehat Atasi Stunting (DAHSAT) di Kampung Keluarga Berkualitas (KB) sebagai bentuk dukungan pilar ke-4.

Sehingga, keberadaan DASHAT yang dilaksanakan Kampung Keluarga Berkualitas dinilai sangat penting dalam upaya penurunan stunting.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Banggai, Faisal Karim S.Sos., M.Si., Kamis 4 Juli 2024, dalam pertemuan fasilitasi dan pembinaan kampung keluarga berkualitas di Mangkio Baru.

Keberadaan Kampung KB kata Kadis Faisal, merupakan suatu potensi besar untuk pemberdayaan berbasis masyarakat dan keluarga dalam upaya penurunan stunting.

BACA JUGA:  Abrasi Mengancam, Warga Desa Keak Minta Pemda Balut Bangun Tanggul Pantai 

“Atas dasar pertimbangan potensi ini, maka dibuatlah rancangan salah satu kegiatan yang dapat dilaksanakan di Kampung Keluarga Berkualitas yaitu Dapur Sehat Bergizi Atasi Stunting (Dashat),” ucapnya.

Dengan menerapkan asah, asih, asuh dalam kemasan 8 fungsi keluarga yang diimplementasikan pula pada tataran sosial setingkat desa, Dashat memiliki nilai kasih sayang, berbagi dengan sesama, menganggap keluarga sasaran menjadi tanggung jawab bersama. 

Tidak hanya nilai kasih sayang, Dashat juga diharapkan dapat mengembangkan nilai ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan kelompok pengelola Dashat.

BACA JUGA:  Duh! Baru Setahun Dikerjakan, Jalan Dana Inpres di Simpang Raya Sudah Rusak

“Salah satu bentuk intervensi stunting adalah pemberian makanan bergizi seimbang bagi keluarga resiko stunting dengan optimalisasi bahan pangan lokal dalam kegiatan,” jelasnya.

Sehingga keberadaan Dahsat dinilai sangat penting dalam menekan angka stunting. Di mana program ini sebagai bentuk dukungan pilar 4.

Dijelaskan, 68% Desa Prioritas melaksanakan Dapur Gizi Keluarga Berbasis Pangan Lokal (kampungkh.bkkbu.go.id. 2023). 

Adapun sasaran DAHSAT target Kelompok ibu hamil, ibu menyusui, dan Balita (Keluarga Berisiko Stunting). Pelaksana: Pemerintah Desa/ Kelurahan melalui pengembangan kelembagaan lokal. 

BACA JUGA:  Lomba Pentas Seni Meriahkan Banggai Government Expo, Mulai Pop Singer Hingga Dero Kreasi

Diketahui, kegiatan itu dihadiri ibu-ibu hamil, ibu menyusui, PLKB, Kader Posyandu, PKK, Bidan, Ahli Gizi Puskesmas Kampung Baru, dan Lurah Mangkio serta perwakilan Pemerintah Kecamatan Luwuk.

Adapun pemateri, dari Ketua PKK Banggai, Kadis P2KBP3A Banggai, Kabid Dalduk Dinas P2KBP3A Banggai serta perwakilan BKKBN.

Dalam pertemuan itu, juga diisi dengan demo Dahsat dilakukan oleh Ahli Gizi Puskesmas Kampung Baru. (*)