BeritaDaerahKesehatanNews

Dinkes Catatkan Stunting di Banggai Turun Jadi 10,4 Persen, Lampaui Target Nasional

981
×

Dinkes Catatkan Stunting di Banggai Turun Jadi 10,4 Persen, Lampaui Target Nasional

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banggai telah selesai melaksanakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting dengan melakukan Pengukuran Seluruh Balita di Kabupaten Banggai sesuai Surat Edaran Bupati Banggai Nomor 400.7/14.638/Dinkes. 

Penimbangan seluruh Balita di Kabupaten Banggai telah dilakukan langsung oleh tenaga pelaksana gizi puskesmas, kader posyandu, dan TP-PKK se Kabupaten Banggai.

Penimbangan seluruh balita di Banggai itu dengan Pencapaian Input e-PPGBM (Aplikasi Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat) 100%.

BACA JUGA:  Pemdes Oluno Bulagi Sukses Gelar Musdes Penetapan RKPDes Tahun 2025

Berdasarkan hasil penginputan dari penimbangan seluruh balita, Dinkes Banggai mencatat, angka stunting di daerah ini per Juni 2024 menjadi 10,4 Persen.

“Iya (turun), itu hasil penimbangan serentak bulan Juni 2024,” ungkap Kadinkes Banggai, dr. I Wayan Suartika ME., kepada media ini, Kamis 4 Juli 2024.

BACA JUGA:  Kerap Ganggu Istri Tetangga, Pria di Moilong Ini Dianiaya, Polisi Turun Mediasi

Capaian hingga turun menjadi 10,4 persen, Kabupaten Banggai dinilai berhasil. Betapa tidak, jumlah ini melampaui Tltarget Nasional di Tahun 2024, yaitu 14%.

Adapun jumlah balita yang ditimbang dalam program intervensi serentak pencegahan stunting pada Juni 2024, sebanyak 23.293 balita. Semuanya mendapat layanan penimbangan.

BACA JUGA:  Dinas P3AP2KB Bangkep Gelar Dapur Sehat Atasi Stunting

Kadinkes berharap, kedepan posyandu rutin setiap bulan cakupan penimbangan dan pengukuran Balita tetap tinggi (>90%).

“Tidak lagi seperti sebelum-sebelumnya, tidak pernah melebihi di angka 70 persen,” tandasnya. (*)