BeritaDaerahNews

Bupati Amirudin Harap Karang Taruna Jadi Pelopor dan Motor Penggerak Jauhi Narkoba

361
×

Bupati Amirudin Harap Karang Taruna Jadi Pelopor dan Motor Penggerak Jauhi Narkoba

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id– Bupati Banggai melalui Asisten Pemerintahan Dan Kesra Setda Kabupaten Banggai Hj. Nurdjalal, S.H. membuka kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Merokok Bagi Generasi Muda Bangsa. 

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kelurahan Kompo di Hotel Swiss-Belinn Luwuk pada Selasa (25/06/2024) ini, diikuti 38 orang pengurus dan anggota Karang Taruna Surya Kirana Kelurahan Kompo Kecamatan Luwuk Selatan.

Bupati Banggai Ir. H. Amirudin, M.M. melalui sambutan tertulis yang dibacakan Asisten I Hj. Nurdjalal, S.H. menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Banggaii sangat mendukung upaya-upaya dan kegiatan yang positif seperti ini, guna memerangi bahaya narkoba untuk masa depan dan bahaya merokok bagi kesehatan perokok dan orang-orang di sekitarnya.

Bupati Amirudin menekankan, dengan terbukanya akses yang luas terhadap teknologi informasi dan komunikasi, harus disikapi secara bijak sehingga dapat meminimalisir dampak negatif terhadap kondisi psikologis generasi muda, yang dikhawatirkan akan terjadi degradasi moral. 

BACA JUGA:  Ayo Ramaikan Berlangsung 4 Hari, Banggai Government Expo 2024 Resmi Dibuka

Dalam hal kasus penyalahgunaan narkoba lanjut Bupati, yang menjadi keprihatinan bersama adalah diincarnya  kelengahan para generasi muda.

Oleh karena itu seperti dalam sambutannya, Bupati Amirudin menyatakan bahwa pemberantasan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba menjadi agenda wajib seluruh elemen bangsa. 

Bupati berharap agar Anggota Karang Taruna yang hadir, menjadi pelopor dan motor penggerak sekaligus penginisiasi yang mampu mengajak rekan remaja di lingkungannya untuk menjauhi narkoba, serta mengedukasi bahaya yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba.

Kepada Pimpinan Perangkat Daerah terkait, jajaran TNI/Polri, Bupati berpesan untuk senantiasa bersinergi dalam membimbing dan membersamai para generasi muda, dalam menyiapkan langkah strategis yang efektif untuk mengajak generasi muda Bangga dalam memperkuat benteng pertahanan terhadap godaan pengalahgunaan narkoba yang dapat menghampiri sewaktu-waktu.

BACA JUGA:  Menang 2-0, King Peace Fc Juara Grup K Mini Soccer Matindok Cup 2024

Sementara itu, Camat Luwuk Selatan Ripodi Penak, S.Sos., M.Si. saat memberi sambutan sebelumnya, sedikit menguraikan beberapa program pemerintah yang oleh beberapa pihak dianggap tidak berhasil. 

Camat Ripodi mengajak para Karang Taruna untuk melihat beberapa contoh riil, misalnya keberhasilan kelompok usaha Ayam Petelur yang ada di Desa Bubung Kecamatan Luwuk Selatan, yang mengikuti salah-satu program pemerintah. 

“Silakan adik-adik Karang Taruna wawancara langsung dengan pelaku, agar kita semua bisa belajar tentang sebuah kegigihan dalam berusaha,” saran Camat Luwuk Selatan. 

Itu artinya kata Camat Luwuk Selatan ini, bahwa jalan atau tidaknya suatu program, tergantung cara pelaku usaha dalam mengelola usaha yang dilakoninya.

Terkait dengan narkoba, Camat berharap semoga dengan pengetahuan nantinya yang didapat, semuanya bisa menjaga diri, terutama dengan keluarga dan lingkungan sekitarnya.

BACA JUGA:  Kalahkan Dirgantara Bubung Lewat Adu Penalti, MAU Fc ke Semifinal Camat Luktar Cup 2024

Saat dihubungi secara terpisah, Lurah Kompo Kecamatan Luwuk Selatan, Nuraeni Larekeng, S.Sos. mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan 38 anggota Karang Taruna Surya Kirana di kelurahan yang dipimpinnya, akan memberikan wawasan dan pengetahuan tentang bahaya penyalagunaan narkoba dan merokok serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya dalam menentukan masa depan bangsa.

Pembukaan kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Merokok Bagi Generasi Muda Bangsa ini dihadiri oleh Kasat Narkoba Polres Banggai IPTU Gede Wira Hendana Putra, S.Tr.K., M.H. dan dr. Megawati Mustadir (keduanya sebagai narasumber), para Pejabat Struktural Kelurahan Kompo, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kompo, Tokoh Masyarakat dan para anggota Karang Taruna Surya Kirana Kelurahan Kompo. AB/*