BeritaDaerahNews

Memukau, Dispar Banggai Tampilkan 4 Kostum di Gorontalo Karnaval Karawo 2024

1565
×

Memukau, Dispar Banggai Tampilkan 4 Kostum di Gorontalo Karnaval Karawo 2024

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id– Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Banggai di bawah pimpinan Kadis Ismed Wardhana ikut berpartisipasi dalam kegiatan Gorontalo Karnaval Karawo 2024.

Di ajang bergengsi yang dihadiri Menteri Pariwisata Sandiaga Uno itu, peserta karnaval dari Kabupaten Banggai mengenakan pakaian kreasi yang berlangsung di Kota Gorontalo l Minggu (23/06/2024). 

Gorontalo karnaval Karawo merupakan salah Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata yang digelar untuk mempromosikan kain sulam Karawo, budaya dan pariwisata di Gorontalo.

BACA JUGA:  Memprihatinkan! Bertahun-tahun Tak Tersentuh Perbaikan, Jalan di Doda Rusak Parah

“Kegiatan Gorontalo Karnaval Karawo ini diikuti 50 kontingen dengan tema kreativitas Gorontalo untuk pariwisata global,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Banggai, Ismed Wardhana kepada media ini, Senin 24 Juni 2024.

Kontingen Kabupaten Banggai ikut memeriahkan Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) 2024 yang berlangsung di Gor Nani Wartabone kota Gorontalo. 

“Sebanyak 50 kontingen yang ikut memeriahkan, ini lebih banyak dari peserta yang mengikuti GKK di tahun 2023 lalu serta 2022 silam yang hanya 25 dan 21 tim saja,” kata Kadis, dalam rilisnya.

BACA JUGA:  DSLNG Konsisten Lestarikan Burung Maleo di Tanah Babasalan

Dijelaskan, GKK yang sudah ke-13 kali dilaksanakan ini akan menjadi daya pikat yang menjadikan karawo sebagai salah satu warisan budaya yang semakin dikenal.

Tim Dispar Kabupaten Banggai selain turut memeriahkan melalui karnaval juga dapat menyaksikan secara langsung bentuk – bentuk ornamen budaya dari peragaan paduan Karowo dengan berbagai tema – tema lokal.

BACA JUGA:  Yamaha Prima Motor Ramaikan Pameran BGE 2024, Dapatkan Promo Menarik!

Pada kesempatan ini tim Dispar Banggai menampilkan 4 kostum nasional yaitu Nacos Burung Maleo, Nacos Kayang – kayang, Nacos Ikan Cardinal dan Nacos Pesona Kilo lima.

“Nasional kostum yang ditampilkan mewakili kearifan lokal & potensi wilayah kabupten Banggai,” tuturnya.

Kadis berharap, dengan keikutsertaan Kabupaten Banggai pada event ini bisa menjadi bahan publikasi sumber daya dan daya tarik wisata khalayak ramai. (*)