BeritaDaerahKesehatanNews

Bupati Amirudin Tekankan Pentingnya Intervensi Program Sasar Langsung Keluarga Berisiko Stunting 

229
×

Bupati Amirudin Tekankan Pentingnya Intervensi Program Sasar Langsung Keluarga Berisiko Stunting 

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id— Banggai Ir. H. Amirudin, M.M., membuka Rapat Kerja Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Banggai yang dilaksanakan oleh Dinas P2KBP3A Kabupaten Banggai di Hotel Estrella Luwuk, Rabu (19/06/2024),

Kegiatan yang bertemakan Dengan Semangat Ke-2 (Dua) Percepatan Intervensi Konvergensi Cegah Stunting Kita Tingkatkan Peran TPPS Tingkat Kecamatan, Kelurahan Dan Desa tersebut dihadiri juga Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulteng, sejumlah Pimpinan OPD, para Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Banggai serta para undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Amirudin menekankan pentingnya bagaimana intervensi program menyasar langsung keluarga berisiko stunting, mulai dari calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca bersalin, dan anak di bawah lima tahun. 

BACA JUGA:  Turunkan Baliho Cuma Prank, Warga Lontos Tetap Solid Dukung Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang 

Kegiatan skrining keluarga ini katanya, dilakukan untuk mendapatkan data sasaran berisiko, dilanjutkan dengan intervensi baik spesifik maupun sensitif, karena pendekatan ini relatif baru maka di butuhkan penguatan manajemen intervensi kepada pelaksana serta monitoring program kepada TPPS.

Lebih lanjut dikatakan, pengukuran dan publikasi angka stunting adalah upaya untuk memperoleh data prevalensis stunting terkini pada skala layanan puskesmas, sehingga hasil pengukuran tinggi badan anak di bawah lima tahun serta publikasi angka stunting digunakan untuk memperkuat komitmen Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam gerakan bersama penurunan stunting. 

BACA JUGA:  Duh! Baru Setahun Dikerjakan, Jalan Dana Inpres di Simpang Raya Sudah Rusak

“Pertemuan ini tentu saja sangat penting untuk mensinergikan program percepatan penurunan stuntung Kabupaten Banggai, dan juga kegiatan ini tujuannya untuk menyamakan persepsi dalam rangka pelaksanaan rencana aksi daerah dan sinkronisasi program percepatan penurunan stunting Kabupaten Banggai, agar pelaksanaannya sesuai dengan kebijakan yang digariskan,” kata Bupati Banggai. 

Sementara itu, Kadis P2KBP3A Kabupaten Banggai Faisal Karim, S.Sos, M.Si., pada sambutannya mengajak kepada para Kades/Lurah, agar bisa memahamkan kepada masyarakat arti dan makna dari stunting itu sendiri, karena masih ada yang tidak mengetahui dan mengerti tentang stunting. 

BACA JUGA:  Kalahkan Dirgantara Bubung Lewat Adu Penalti, MAU Fc ke Semifinal Camat Luktar Cup 2024

“Mari kita lihat kondisi di lapangan, pantau jika ada saudara kita yang terindikasi stunting,” ajak Faisal Kadim kepada para Kades dan Lurah. 

Nanti secara administrasi akan dilakukan oleh kecamatan melalui Puskesmas, lanjutnya.

Kegiatan Raker yang dilaksanakan sehari ini, juga dilaksanakan dengan pemberian materi dari beberapa narasumber. (*)