BeritaDaerahNews

Pemberantasan Korupsi Dilandaskan dengan Nilai-nilai Pancasila 

281
×

Pemberantasan Korupsi Dilandaskan dengan Nilai-nilai Pancasila 

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Oleh: Mifta Sururi Arditiya

(Mahasiswa Fakultas Agama Islam S1 Hukum Keluarga Islam Universitas Muhammadiyah Malang)

Di negara indonesia ini sangatlah banyak yang melakukan pekerjaan yang tidak baik dengan cara mengkorupsi uang dari pekerjaannya seperti mengambil uang perusahaan, uang organisasi, uang yayasan dan lainnya. Sehingga rakyat indonesia sangatlah resah yang dilakukan oleh pengkorupsi uang tersebut dan sampai banyak merugikan rakyat dan mengganggu perekonomian di suatu negara. 

Sampai saat ini kasus korupsi mulai kembali dengan nominal yang sangat banyak, hal tersebut membuat nama indonesia menjadi terlihat jelek karena kasus korupsi tersebut. Dan hal ini sangat-sangat merugikan banyak masyarakat indonesia yang mana masih banyak kemiskinan dan juga mengganggu kestabilan ekonomi di suatu negara.

Korupsi itu merupakan masalah yang besar bagi bangsa indonesia karena merugikan banyak rakyat dan mengganggu kestabilan ekonomi suatu negara. Korupsi ini dapat disebabkan karena tindakan-tindakan yang dilakukan oleh pejabat-pejabat yang buruk bagi nilai-nilai pancasila. Kasus korupsi di indonesia ini terus terjadi dan faktor utamanya adalah faktor ekonomi seperti tingkat pendapatannya tidak cukup untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. 

Korupsi ini menyebabkan dampak pertumbuhan ekonomi yang ada di indonesia seperti kemiskinan, banyak orang yang menganggap korupsi itu hal yang remeh akan tetapi korupsi itu merupakan perilaku yang sangat menyimpang dari segi norma maupun moral sehingga masih banyak kemiskinan yang ada di indonesia saat ini. 

Jika hal ini terjadi semakin banyak, maka akan sangat mempengaruhi negara dan akan memgganggu negara dalam bidang ekonominya. Dan jika perekonomiannya terganggu, kehidupan negarapun ikut terganggu dan terancam. Korupsi ini tidak hanya dilakukan di negara indonesia akan tetapi negara-negara yang lain.

BACA JUGA:  Datang di Banggai Government Expo, Kalla Toyota Berikan Promo Menarik!

Di dalam pancasila terdapat lima sila yang masing-masing sila tersebut memiliki makna yang berbeda-beda akan tetapi memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan dan mewujudkan cita-cita negara indonesia. 

Seperti yang sudah dijelaskan, korupsi adalah salah satu penipuan paling umum diindonesia. 

Tindakan tersebut tidak hanya melanggar peraturan negara tetapi juga melanggar idiologi prinsip nila-nilai pancasila. Pancasila merupakan bentuk pandangan hidup bangsa yang memiliki keutamaan sebagai dasar negara indonesia, Pancasila juga sebagai dasar negara merupakan pemberi arah yang baik bagi masa depan bangsa indonesia. 

Maka dari itu, kasus-kasus seperti korupsi ini harus di hilangkan di negara indonesia dengan pedoman nilai-nilai pancasila, karena pancasila memiliki makna yang baik dan benar juga memiliki tujuan yang benar bagi bangsa indonesia. 

Pancasila memiliki arti penting sebagai dasar negara, pancasila juga dijadikan sebagai pedoman dalam bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai dasar bernegara. 

Pancasila tidak mengajarkan arti kejelekan bagi bangsa indonesia, karena pancasila memberikan arti yang berbeda-beda dari sila ke satu hingga sila ke lima. Supaya negara indonesia ini mampu memahami arti dari sila-sila tersebut. Sudah kita ketahui bahwasannya, pancasila memiliki lambang garuda yang sangat gagah dan mengibarkan sayapnya yang sangat besar. 

Dalam arti tersebut pancasila mampu memberantas kasus-kasus yang ada diindonesia ini terutama kasus korupsi. Kasus ini harus diberantas sedikit demi sedikit untuk mengembalikan martabat bagi rakyat yang miskin atau juga bagi yang ekonominya kurang.

Pada sila ke lima yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Dalam sila ke lima tersebut adalah kita sebagai rakyat indonesia baik bagi pejabat-pejabat tinggi sampai pada rakyat biasa kita semua harus berperilaku adil bagi lingkungan kita dan sosial bagi bangsa indonesia ini.  

BACA JUGA:  Cabup Bangkep Rusli Moidady Silaturahmi Bersama Warga Tobing, Komitmen Bawa Perubahan Nyata

Dan dalam artian lain yang sudah memiliki pekerjaan-pekerjaan tinggi seperti pekerjaan kantoran, yayasan dan lain sebagainya kita dituntun oleh pancasila yang memiliki keadilan bagi seluruh rakyat indonesia ini. Kita sebagai manusia harus bener-bener berperilaku adil dan tanpa adanya kecurangan dalam bekerja dimanupun tempat bekerja itu mau kerja di perusahan, yayasan, kantoran, janganlah mengambil uang yang bukan hak kita sebelum uang itu diberi oleh pejabat tertinggi.

Korupsi ini sangat meresahkan bagi rakyat indonesia karena rakyat indonesia masih banyak rakyat yang miskin, kebutuhan ekonominya kurang, korupsi itu sangat berdambak sekali bagi rakyat indonesia. 

Banyak yang menganggap korupsi itu hal yang remeh akan tetapi korupsi perilaku yang menyimpang bagi moral-moral kehidupan di indonesia. Dalam kasus korupsi harus benar-benar indonesia ini menegakkan hukum bagi para korupsi, hukum yang ada diindonesia ini yang mana sudah menghilang kini harus di tegakkan dengan seadil-adilnya bagi para yamg melanggar HAM (hak asasi manusia). Masalah kerupsi ini masih sulit untuk di berantas atau dihilangkan. 

Belum lagi untuk menghilangkan kasus lain seperti kasus pencurian dan perampokan. Yang bisa dilakukan untuk memberantas kasus tersebut adalah dengan cara meminimalkan peluang atau batasan. Dan juga harus melakukan tindakan antisipasi.

Negara indonesia sangatlah miris karena indonesia dikenal dengan negara kaya, ternyata menimpa kebohongan yang akan berakibat kepada ketertiban sosial di indonesia. Dan lebih mirisnya lagi yaitu penjahatnya yang berasal dari negara indonesia sendiri, para koruptor. 

Sampai-sampai mereka yang melakukan itu hidupnya sangat nyaman, aman, dan sejahtera hidupnya dengan kekayaan yang mereka miliki dari hasil korupsi. Korupsi ini tidak bisa dianggap sebagai masalah kecil, korupsi merupakan masalah yang besar dan serius. 

BACA JUGA:  PJ. Bupati Bangkep Hadiri Sosilisasi Refleksi 6 Tahun Bencana Likuefaksi Pasigala Di Palu 

Maka dari itu, krupsi harus diberantas atau diperangi secara bersama-sama di negara indonesia. Jika kasus korupsi ini tidak diberntas atau diperangi maka akan sangat berdampak pada negara yaitu dapat menurunkan keamanan negara.

Yang lebih mirisnya lagi jika kita melihat hukum indonesia saat ini tajam ke bawah tumpul ke atas. Karena hukum indonesia tidak berlaku dengan orang yang memiliki jabatan tinggi dan bagi orang yang tidak memiliki jabatan atau disebut dengan orang yang hidupnya tidak memiliki apa-apa hukuman itu akan dimunculkan oleh orang tersebut. 

Seharusnya hukum di Indonesia ini harus ditegakkan dengan seadail-adilnya tidak untuk orang yang tidak memiliki jabatan akan tetapi, juga dengan semua bangsa indonesia. 

Baik yang memiliki jabatan tinggi ataupun yang tidak memiliki jabatan. Karena kita sebagai bangsa indonesia ini harus bertanggung jawab apa yang telah kita perbuat dan harus menerima hukuman yang telah di buat oleh bangsa indonesia.

Maka dari itu untuk masalah ini sangat diperlukannya kesadaran kepada masyarakat indonesia agar dapat tetap menjadikan pancasila merupakan sebagai tumpuan atas semua pandangan hidup bangsa indonesia ini. Yang dimana nilai-nilai pancasila itu harus dapat menjadi pedoman atau dasar dalam mengatur berbagai tingkah laku manusia di indonesia. 

Dan juga bangsa indonesia harus menjaga ketertiban bagi masyarakatnya sehingga indonesia mampu menjaga nilai-nilai pancasila dengan baik, dan supaya terhindar dari kasus korupsi. Tidak hanya kasus korupsi saja akan tetapi. Juga kasus-kasus lain seperti perampokan, maling dan lain sebagainya. (*)