BeritaDaerahNews

Didesak Segera Lakukan Penunjukan Isi Kekosongan Kalak BPBD, Ini Reaksi Pj. Bupati Bangkep

48
×

Didesak Segera Lakukan Penunjukan Isi Kekosongan Kalak BPBD, Ini Reaksi Pj. Bupati Bangkep

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id–  Pj. Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep) didesak untuk segera mengisi kekosongan jabatan Kepala Pelaksana(Kalak) Badan penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Bangkep yang sudah 21 hari terjadi kekosongan.

Desakan tersebut disampaikan oleh ketua partai Buruh Bangkep  Sabarudin Salatun pada media ini kamis (21/3/2024).

Menurut Sabar sapannya, Pj. Bupati Bangkep Ihsan Basir seharusnya sudah mengeluarkan surat penunjukan pelaksana tugas atau minimal pelaksana harian sehubungan dengan kekosongan kepemimpinan di BPBD Bangkep.

BACA JUGA:  Duh! Baru Setahun Dikerjakan, Jalan Dana Inpres di Simpang Raya Sudah Rusak

Seperti diketahui kata dia, saat ini kepala pelaksana BPBD Bangkep  SP  tersandung kasus dugaan Penipuan yang sementara ditangani pihak Polres Bangkep,  artinya sekalipun secara deyure  SP masih kalak di BPBD tetapi secara defakto yang bersangkutan belum bisa hadir dan melaksanakan tugas tugasnya sebagai Kalak.

BACA JUGA:  Menang 2-0, King Peace Fc Juara Grup K Mini Soccer Matindok Cup 2024

Apalagi kata dia, ini sangat berkaitan degan jalannya roda organisasi kebirokratan yang ada di BPBD Bangkep, sekalipun ada Sekertaris Kalak tetapi jika Tidak dikeluarkan surat penujukan pelaksana harian minimal maka tidak akan bisa jalan kebijakan yang berkaitan dengan tata laksana yang ada di kantor APBD.

Menangapi hal tersebut Pj Bupati Bangkep Ihsan Basir SH.LLM melalui sambungan teleponnya menegaskan, Ia tidak punya kewenangan melakukan  pengangkatan Kepala pelaksana (Kalak) BPBD, yang punya kewenangan itu adalah pejabat pengambil Keputusan (PPK) Mendagri.

BACA JUGA:  Abrasi Mengancam, Warga Desa Keak Minta Pemda Balut Bangun Tanggul Pantai 

Menurut  Pj  Bupati, Pemda Bangkep telah melakukan proses surat permohonan ke Mendagri.

“Sebagai Pj bupati Bangkep saya menghargai proses hukum yang dilakukan oleh penyidik Tipiter polres Bangkep,” ungkap Ihsan Basir. (RS)**