BeritaDaerahNews

Pastikan Kualitas Event Festival Teluk Lalong, Dispar Banggai Lakukan Audiensi Ke Kemenparekraf RI

683
×

Pastikan Kualitas Event Festival Teluk Lalong, Dispar Banggai Lakukan Audiensi Ke Kemenparekraf RI

Sebarkan artikel ini
Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Banggai yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas, Ismed. M. Wardhana, S.STP, M.Si ., melakukan audiensi ke Kementerian Pariwisata  Ekonomi Kreatif RI, Selasa 8 Oktober 2024. FOTO: ISTIMEWA
Example 300250

Banggaikece.id- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Banggai yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas, Ismed. M. Wardhana, S.STP, M.Si ., melakukan audiensi ke Kementerian Pariwisata  Ekonomi Kreatif RI, Selasa 8 Oktober 2024.

Audiensi Dispar Banggai diterima langsung oleh Diana Indriati, Direktorat Event, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) dan Bulqis Chairina, Direktorat Pemasaran Nusantara, Deputi Bidang Pemasaran.

Kegiatan Audensi ini merupakan upaya mengapresiasi serta memperkuat sinergi  Festival Teluk Lalong (FTL) untuk menyerasikan Kurasi Kharisma Event Nusantara (KEN) 2025. 

Untuk ikut dalam Kurasi Kharisma Event Nusantara (KEN) berarti sebuah event atau festival lokal telah lolos seleksi dan terpilih untuk menjadi bagian dari program Kharisma Event Nusantara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf).

BACA JUGA:  Pj Bupati Aceh Besar Kagum dengan Keindahan Panaroma Alam Banggai

KEN adalah program nasional yang bertujuan untuk mempromosikan event-event unggulan dari berbagai daerah di Indonesia agar dikenal secara luas, baik di dalam negeri maupun mancanegara.

Event yang terpilih melalui kurasi KEN dianggap memenuhi kriteria tertentu, seperti kualitas penyelenggaraan, nilai budaya, daya tarik wisata, inovasi, serta dampaknya terhadap perekonomian dan pariwisata daerah.

Masuk dalam KEN, event tersebut akan mendapatkan dukungan promosi dari pemerintah pusat, sehingga dapat lebih memberikan dampak positif bagi daerah penyelenggara.

Pertemuan ini berlangsung sebagai bentuk komitmen Kabupaten Banggai untuk terus mendorong pariwisata berbasis budaya dan lingkungan, serta memperkenalkan FTL ke kancah nasional.

BACA JUGA:  Polisi Olah TKP Penemuan Mayat Pria di Kampus Untika Luwuk

Dalam audiensi tersebut, Kadis Pariwisata  menyampaikan apresiasi kepada Kemenparekraf atas arahan terkait rumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis pengembangan produk wisata dan penyelenggaraan Festival Teluk Lalong. 

“Ketika Festival Teluk Lalong terpilih Kharisma Event Nusantara akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Banggai, serta dorongan kuat untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan festival teluk lalong, yang kini menjadi salah satu agenda wisata unggulan Dinas Pariwisata Banggai” jelas Kadis.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Pariwisata juga mengundang secara resmi Menteri Kemenparekraf RI serta Deputi dan jajaran untuk hadir dalam Festival Teluk Lalong, yang akan digelar pada akhir bulan  Oktober 2024 mendatang. 

BACA JUGA:  Hari Ini, Yamaha Prima Motor Akan Gelar Jumat Berkah di Masjid Al Muhajirin 

Festival ini akan menyuguhkan berbagai pertunjukan seni budaya khas Banggai, atraksi  serta tampilan tampilan lainya termasuk program lingkungan yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian Teluk Lalong.

Audiensi ini diharapkan dapat memperkuat dukungan pemerintah pusat terhadap event-event daerah yang berkualitas, sekaligus mempromosikan Festival Teluk Lalong sebagai destinasi wisata yang tidak hanya menarik dari segi hiburan, tetapi juga berkelanjutan secara lingkungan.

Kabupaten Banggai semakin optimis dalam memantapkan posisinya sebagai salah satu daerah tujuan wisata unggulan di Indonesia.

Sumber: Bidang Pemasaran Dispar Banggai