BeritaDaerahNews

Masyarakat Lalong Labobo Minta Pemda Balut Bangun Tanggul di Pesisir Pantai

823
×

Masyarakat Lalong Labobo Minta Pemda Balut Bangun Tanggul di Pesisir Pantai

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id – Pemukiman warga Desa Lalong Kecamatan Labobo Kabupaten Banggai Laut (Balut) yang terletak di sebelah Timur Pulau Labobo, kondisi di pesisir pantai sudah terancam abrasi. 

Desa Lalong yang penduduknya berjumlah 480 jiwa dengan 153 kepala keluarga (kk) adalah desa yang masih sakral dengan adat istiadat Banggai. 

Terbukti dengan adanya Kusali pertemuan adat dan pelabuhan alamnya yang diberi nama pelabuhan Tanas (Raja) Joguguh. 

Hanya sayangnya desa ini kalau di musim angin Timur dan Tenggara di akhir bulan Mei sampai dengan awal bulan September, gelombang lautnya bisa mencapai tiga meter. Tentunya itu sangat mengancam perkampungan terutama masyarakat yang tinggal di bantaran pesisir pantai. 

BACA JUGA:  Polisi Olah TKP Penemuan Mayat Pria di Kampus Untika Luwuk

Segala upaya telah dilakukan oleh pemerintah desa untuk mengusulkan desanya dibangun tanggul pantai. Dan sudah beberapa kali diadakan pembangunan baik itu melalui dana PNPM – MP, Pemda Balut tapi semuanya hancur berantakan karna tanggul yang dibangun dengan sistim kontruksi beton. 

Terakhir Pemda Balut melalui BPBD pada tahun 2017 telah membangun tanggul pantai dengan kontrusi batu kosong sepanjang 200 meter dan ini yang masih berdiri kokoh walau tiap tahunnya dihantam gelombang laut Timur dan Tenggara.

BACA JUGA:  Polwan Polres Banggai Jadi Narasumber di Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Perempuan dan Anak

Olehnya, masyarakat desa Lalong melalui Kepala Desa (Kades) Akmal Patagiling meminta dengan sangat kepada Pemda Balut agar pesisir pantai yang belum ditanggul dengan sistim penimbunan batu kosong agar secepatnya dibangun. 

“Kalau tidak secepatnya dibangun dengan sistim penimbunan batu kosong pantai Lalong yang ada tersisa 450 meter ini akan terancan oleh abrasi”, kata Kades Akmal Patagiling pada media ini Selasa (1/10/2024). 

BACA JUGA:  Pj Bupati Aceh Besar Kagum dengan Keindahan Panaroma Alam Banggai

Kades menambahkan, tanggul beton yang ada sudah mulai mengalami patahan dan hancur. Tentu kondisi kni tidak akan bertahan lama lagi, kalau di biarkan terus menerus akan berdampak buruk karna akan mengancam pemukiman warga yang tinggal di pesisir pantai.

“Kami berharap, Pemda Banggai Laut bisa merealisasikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Desa Lalong, kasihan pemukiman warga,” harap Kades Akmal Patagiling yang sudah dua periode memimpin desanya. Asw