BeritaDaerahNews

Beragam Kegiatan Sukses Digelar BPS Banggai Peringati HSN 2024, Usung Tema Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas

622
×

Beragam Kegiatan Sukses Digelar BPS Banggai Peringati HSN 2024, Usung Tema Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas

Sebarkan artikel ini
Keluarga besar BPS Banggai mengabadikan momen usai Apel Peringati HSN 2024. FOTO; ISTIMEWA
Example 300250

Banggaikece.id- Insan Statistik di seluruh Indonesia  setiap tanggal 26 September memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) tak terkecuali di Kabupaten Banggai.

Untuk di daerah ini, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banggai memperingatinya dengan menggelar beragam kegiatan, yang diawali dengan apel HSN yang dipimpin Kepala Sub Bagian Umum Azniar Widyastuty, SP mewakili Kepala BPS Banggai yang berhalangan hadir karena mengikuti rapat koordinasi kepala BPS Provinsi, Kabupaten/Kota di Jakarta. 

Pada apel memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) 2024 diikuti jajaran BPS Banggai, siswa PKL, dan mitra BPS.

Dalam kesempatan itu, Azniar Widyastuty mewakili kepala BPS Banggai sebagai pembina apel membacakan sambutan tertulis dari Plt. Kepala BPS RI, Amalia Adininggar Widyasanti. 

Dalam sambutannya, disebutkan, Hari Statistik Nasional (HSN) yang diperingati setiap tanggal 26 September menandai terbitnya UU Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik. 

UU tersebut menjadi titik awal pembangunan bangsa Indonesia di bidang statistik, yang sebelumnya diatur berdasarkan sistem perundang-undangan kolonial. Oleh karena itu, sudah sepantasnya momen penting dan bersejarah ini senantiasa kita gaungkan untuk dirayakan dengan penuh suka cita oleh seluruh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:  Di Hadapan Masyarakat Bualemo, Ahmad Ali Akan Prioritaskan Perbaikan Jalan Hingga Bangun Rumah Sakit Pratama 

“Kita juga patut bangga bahwa statistik yang BPS hasilkan masih terus dipercaya para pengguna data hingga detik ini. Data yang kita rilis selalu disambut baik dan menjadi rujukan semua pihak, serta menjadi arus utama informasi yang memengaruhi rasionalitas publik mengenai isu-isu strategis nasional,” ujarnya.

Semua capaian yang telah ditorehkan dan kepercayaan pengguna data ini tentunya harus disyukuri. Lebih dari itu, hal ini harus memotivasi untuk bekerja dengan lebih baik lagi dan berkontribusi lebih besar lagi untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. 

Tema HSN tahun ini adalah “Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas”. Tema ini dipilih untuk menunjukkan peran penting statistik berkualitas dalam mewujudkan visi Indonesia menjadi negara berdaulat, maju, dan berkelanjutan pada tahun 2045 mendatang, 100 tahun setelah Indonesia merdeka. BPS memiliki peran strategis dalam pencapaian visi Indonesia Emas 2045 melalui penyediaan data untuk pemenuhan sebagian besar dari 45 indikator utama pembangunan.

BACA JUGA:  Hari Ini, Yamaha Prima Motor Akan Gelar Jumat Berkah di Masjid Al Muhajirin 

Oleh karena itu, untuk dapat mengaktualisasikan secara konkret tema tersebut dalam setiap pelaksanaan tugas dan tanggung jawab kita menyediakan statistik berkualitas. 

“Data statistik yang kita hasilkan turut membantu pemerintah dalam perumusan kebijakan yang berdampak besar bagi kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat,” katanya.

HSN tahun ini dirayakan dengan penuh semangat di BPS seluruh Indonesia begitu pula di Lingkungan BPS Kabupaten Banggai. Partisipasi aktif dari seluruh pegawai dalam perayaan ini. Kegiatan-kegiatan tersebut memperkuat persaudaraan dan ikatan antar pegawai.

BACA JUGA:  Dinas P3AP2KB Bangkep Gelar Dapur Sehat Atasi Stunting

Dalam perayaan kegiatan HSN Tahun 2024 BPS Kabupaten Banggai melaksanakan berbagai kegiatan yang dimulai dari tanggal 25 September sampai dengan 27 September 2024. 

Kegiatan diikuti oleh seluruh Pegawai, Mitra BPS dan Siswa PKL pada BPS Kabupaten Banggai. Kegiatan yang dilakukan yaitu Pertandingan Badminton, Bola Voli, Tenis Meja, Lomba Karaoke, Games Seru, Jalan Santai dan kegiatan Sosial Donor Darah.

Rasa kekeluargaan dan kebersamaan ini adalah salah satu kekuatan terbesar BPS. Kekuatan tersebut menjadi fondasi positif dalam membangun solidaritas, kolaborasi, serta semangat kerja sama untuk mencapai tujuan BPS di masa depan dengan menjaga dan memperkuat semangat kebersamaan ini demi kemajuan BPS dan kemajuan Indonesia.

Selamat Hari Statistik Nasional 2024. Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan langkah kita dalam membangun bangsa melalui data yang berkualitas. Data yang bermakna dan berdampak untuk kemajuan bangsa. adv