BeritaDaerahNewsPendidikan

Gandeng FEB UMLB, Mafindo Gelar Program Tular Nalar 3.0 Sekolah Kebangsaan di SMAN 2 Luwuk

741
×

Gandeng FEB UMLB, Mafindo Gelar Program Tular Nalar 3.0 Sekolah Kebangsaan di SMAN 2 Luwuk

Sebarkan artikel ini
Menggandeng Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Luwuk Banggai (UMLB), Mafindo menggelar program Tular Nalar Sekolah Kebangsaan di SMAN 2 Luwuk,  Sabtu 5 Oktober 2024. FOTO: ISTIMEWA
Example 300250

Banggaikece.id- Menggandeng Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Luwuk Banggai (UMLB), Mafindo menggelar program Tular Nalar 3.0 Sekolah Kebangsaan di SMAN 2 Luwuk,  Sabtu 5 Oktober 2024.  

Sekolah kebangsaan dengan tagar GenZbisaMilih dan #FasihDemokrasi ini dilaksanakan pada pagi hari dan dihadiri 100 Siswa/i Kelas XII SMA Negeri 2 Luwuk. 

Hadir dalam kesempatan ini Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Luwuk Banggai, Dr. Wahyudin Rahman, MM., Asmita Wulansari Dg. Lawang, SE., MM, sebagai PIC program ini menjelaskan, kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Luwuk Banggai Bersama Tular Nalar dan Mafindo. 

BACA JUGA:  Forum Perlindungan Korban Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Banggai Dikukuhkan, Pertama di Sulteng

Materi yang diberikan berupa pengindraan hoaks untuk pemilu maupun pascapencoblosan. 

Ia, menjelaskan, Tular Nalar 3.0 Mafindo atau Program Tular Nalar Mafindo merupakan program pelatihan literasi digital yang diinisiasi oleh MAFINDO dan didukung oleh Google.org.

Love Frankie sebagai mitra pelaksana, telah muncul sebagai platform online pembelajaran utama yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengidentifikasi dan menyikapi hoaks melalui literasi digital dan pemikiran kritis. 

BACA JUGA:  Selamat, Kajari Balut Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude di Unsrat Manado

Dikembangkan bekerja sama dengan Institut Kebudayaan dan Kemanusiaan MAARIF pada tahap awal, Tular Nalar telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam tiga tahun ini.

Tular Nalar 3.0 Mafindo hadir dengan preferensi khusus untuk melibatkan first-time voters pre-lansia dan lansia.

Sementara  MAFINDO atau Masyarakat Anti Fitnah Indonesia adalah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk memerangi misinformasi dan hoaks. 

BACA JUGA:  Di Hadapan Masyarakat Bualemo, Ahmad Ali Akan Prioritaskan Perbaikan Jalan Hingga Bangun Rumah Sakit Pratama 

Berdiri pada tahun 2016, MAFINDO memiliki lebih dari 95.000 anggota online dan 1.000 sukarelawan. 

MAFINDO memiliki 20 kantor yang tersebar di seluruh Indonesia dan mencakup berbagai bidang, termasuk namun tidak terbatas pada pencegahan hoaks, hoaks busting, edukasi publik, seminar, lokakarya, advokasi, pengembangan teknologi anti-hoax, penelitian, dan keterlibatan sosial di tingkat akar rumput. (*)