BeritaDaerahNews

Mengkhawatirkan, Abrasi Pantai Ancam Pemukiman Warga Desa Lipulalongo Balut

783
×

Mengkhawatirkan, Abrasi Pantai Ancam Pemukiman Warga Desa Lipulalongo Balut

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id – Desa Lipulalongo Kecamatan Labobo Kabupaten Banggai Laut (Balut) adalah salah satu desa yang terletak di sebelah Timur pulau Labobo. 

Desa yang dihuni sekitar 384 kepala keluarga dengan jumlah penduduk 1.071 jiwa ini pesisir pantainya sudah termakan abrasi. 

Ancaman abrasi yang sudah bertahun – tahun ini berdampak pada rumah warga, bangunan pasar dan gedung SMAN I Labobo yang pada  musim angin Timur dan Tenggara di akhir bulan Mei sampai dengan akhir Agustus di tiap tahunnya selalu mengancam. 

BACA JUGA:  PT KLS Tegaskan Izin HGU Dalam Proses Pembaharuan Sesuai Arahan Instansi Berwenang 

Dari tahun ketahun pemerintah desa selalu membuat proposal pengusulan  tanggul pantai dengan sistim timbunan batu kosong. 

Ini sudah pernah terlealisasi pembangunan tanggul pantai dengan sistim timbunan batu kosong sepanjang 200 meter oleh BPBD Balut di tahun 2017. 

Dan ini yang masih terlihat berdiri kokoh sampai dengan saat ini. Tapi karna panjang pantai desa Lipulalongo sekitar 1.500 meter, maka masih banyak yang belum terialisasi. 

BACA JUGA:  Hari Ini, Yamaha Prima Motor Akan Gelar Jumat Berkah di Masjid Al Muhajirin 

Ada upaya dari pemda sejak dulu, dalam mengantisipasi abrasi seperti melalui sistim padat karya dan PNPM – MP tapi semua itu hancur oleh gelombang laut Timur dan Tenggara yang mengganas  setiap tahunnya.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala desa (Kades) Lipulalongo Nuslam N. Sabina pada media ini Minggu (6/10/2024). 

BACA JUGA:  Pemdes Oluno Bulagi Sukses Gelar Musdes Penetapan RKPDes Tahun 2025

“Maka dari itu saya atas nama masyarakat memohon agar kehawatiran masyarakat Lipulalongo di tiap tahunnya bisa dihilangkan dengan pembangunan tanggul pantai sistim timbuban batu kosong”, kata Kades Nuslam N. Sabina. 

Ia mengaku, di awal masa kepemimpinannya sebagai kades, Penanggulangan Abrasi Pantai juga menjadi salah satu prioritasnya dengan sistem timbunan batu kosong. ASW