BeritaDaerahNewsPendidikan

Sosialisasi SRA Terus Dilakukan, Kali Ini Dinas P2KBP3A Banggai Sambangi Lamala-Mantoh, Kenalkan Program SICAKAP dan Gerakan 1821

387
×

Sosialisasi SRA Terus Dilakukan, Kali Ini Dinas P2KBP3A Banggai Sambangi Lamala-Mantoh, Kenalkan Program SICAKAP dan Gerakan 1821

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Sosialisasi program Sekolah Ramah Anak (SRA) terus gencar dilakukan, kali ini Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Banggai menyambangi dua kecamatan yakni Kecamatan Lamala dan Mantoh.

Sosialisasi ini berlangsung selama dua hari yakni Senin-Selasa 30 September sampai 1 Oktober 2024.

Sekolah yang disasar adalah SMAN 2 Lamala yang berada di Kecamatan Mantoh dan SMAN 1 Lamala di Lamala.

Sebelumnya sosialisasi serupa juga dilakukan di lima kecamatan yakni Kecamatan Nambo, Kecamatan Kintom, Kecamatan Luwuk Timur, Kecamatan Masama dan Kecamatan Pagimana.

BACA JUGA:  Di Hadapan Masyarakat Bualemo, Ahmad Ali Akan Prioritaskan Perbaikan Jalan Hingga Bangun Rumah Sakit Pratama 

Kepala Dinas P2KBP3A Banggai, Faisal Karim S.Sos., M.Si., mengatakan, adapuan tujuan daripada kegiatan ini guna memenuhi dan menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari tindak kekerasan.

“Sehingga pemerintah mewujudkan SRA menjadi salah satu upaya dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan anak selama berada di sekolah dengan konsep SRA ”BARISAN” Bersih, Aman, Ramah, Indah, Inklusif, Sehat, Asri dan Nyaman,” kata Faisal Karim.

Hadir pada kegiatan Sosialisasi SRA sebagai narasumber berasal dari Unit PPA Bareskrim Polres Banggai dan perwakilan Kantor Urusan Agama (KUA) masing-masing kecamatan. 

BACA JUGA:  Polisi Olah TKP Penemuan Mayat Pria di Kampus Untika Luwuk

Kegiatan ini akan terus dilaksanakan dengan menyasa sekolah-sekolah tingkat SLTA di setiap kecamatan. Peserta terdiri dari gabungan masing-masing perwakilan kelas bersama para Guru dengan jumlah 30 orang.

Pada kesempatan ini Kabid P3A Dinas P2KB-P3A Kabupaten Banggai, Siti Evlien Desianthi, SH, M.Si., menyampaikan sambutan Kepala Dinas dengan memperkenalkan Inovasi Dinas P2KB-P3A yaitu Sistem Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan (Sicakap).

Aplikasi SICAKAP ini  wujud dalam memberikan kemudahan untuk melaporkan tindak kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak serta mempermudah mendapatkan Konseling, Informasi dan Edukasi terhadap tindak kekerasan Perempuan dan Anak.

BACA JUGA:  Polwan Polres Banggai Jadi Narasumber di Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Perempuan dan Anak

Selain itu juga diperkenalkan inovasi Dinas P2KB-P3A yaitu Gerakan 1821. Gerakan ini dimaksudkan agar para orang tua memberikan waktu selama Tiga Jam dimulai dari 18.00 sampai dengan 21.00 kepada anak untuk bermain, berbicara dan belajar bersama dan meinggalkan kesibukan menggunakan Smartphone (HP) baik orang tua maupun anak. (*)