BeritaDaerahNewsPendidikan

Rektor Sutrisno Komitmen Bawa Unismuh Luwuk Sebagai Pusat Keunggulan Pendidikan Tinggi yang Berdaya Saing Global

593
×

Rektor Sutrisno Komitmen Bawa Unismuh Luwuk Sebagai Pusat Keunggulan Pendidikan Tinggi yang Berdaya Saing Global

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Dilantik sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk untuk periode kedua, Dr. Sutrisno K Djawa komitmen membawa kampus hijau untuk terus meningkatkan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian Al Islam Kemuhammadiyahan.

“Saya juga akan terus mendorong inovasi dan kolaborasi lintas disiplin ilmu guna menjadikan Unismuh Luwuk ini sebagai pusat keunggulan pendidikan tinggi yang berdaya saing global,” ucap Dr. Sutrisno K Djawa, dalam sambutannya usai dilantik sebagai Rektor Unismuh Luwuk Periode 2024-2028, Sabtu 28 September 2024 di Hotel Estrella Luwuk.

Rektor mengatakan, dunia pendidikan saat ini memasuki fase yang baru yang mana diketahui bersama sekarang ini sedang berada pada era revolusi 4.0 dan era Society 5.0. Di era ini masyarakat sepenuhnya terhubung secara digital dan didukung oleh teknologi canggih seperti kecerdasan buatan (AI), Internet of Things, big data, dan lainnya.

“Era ini menjanjikan perubahan transformasional dalam hampir semua aspek kehidupan kita, termasuk pendidikan, transportasi, kesehatan, dan kehidupan sehari-hari, tentunya ini merupakan sebuah tantangan yang kita hadapi,” katanya.

BACA JUGA:  PT KLS Tegaskan Izin HGU Dalam Proses Pembaharuan Sesuai Arahan Instansi Berwenang 

Universitas Muhammadiyah Luwuk  kata Rektor, kini telah memasuki usia 24 tahun, tentunya akan terus melakukan berbagai upaya untuk menghadapi tantangan tersebut dengan melakukan peningkatan, baik kuantitas maupun kualitas kelembagaan seiring dengan dinamika tuntutan kebutuhan masyarakat dan perkembangan IPTEK saat ini.

Salah satunya adalah Sumber Daya Insani yang merupakan faktor sangat berpengaruh dalam pengembangan perguruan tinggi. 

Oleh karena itu, Universitas Muhammadiyah Luwuk terus memberikan perhatian sangat besar dalam peningkatan kuantitas dan kualitas Dosen. Hal ini ditunjukkan dengan upaya peningkatan kualitas dosen dari tahun ke tahun dan alhamdulilah sampai dengan hari ini Universitas Muhammadiyah Luwuk telah memiliki 22 Dosen bergelar S3 dan sebanyak 52 Dosen sedang melanjutkan studi Strata Tiga (53) dibeberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Luwuk hadir sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dengan mengutamakan nilai-nilai keislaman, keilmuan, dan keberdayaan masyarakat.

BACA JUGA:  Di Hadapan Masyarakat Bualemo, Ahmad Ali Akan Prioritaskan Perbaikan Jalan Hingga Bangun Rumah Sakit Pratama 

“Kami percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk mewujudkan generasi yang unggul dan berdaya saing tinggi, oleh karena itu Unismuh Luwuk sebagai salah satu dari 163 perguruan tinggi Muhammadiyah yang memiliki visi menjadi universitas yang Unggul, Islami Dan Berdaya Saing berlandaskan pada nilai-nilai Ke-Islaman, memiliki peran tidak hanya sebagai lembaga pendidikan saja namun juga mengemban tugas menggairahkan dakwah amar ma’ruf nahi munkar melalui pendidikan tinggi serta sebagai sarana perkaderan,” tuturnya.

Oleh sebab itu, program-program internalisasi dan implementasi nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyah melalui program terintegrasi baik dengan pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat maupun dengan pengembangan SDM yang selama ini telah dilaksanakan perlu terus disempurnakan. 

Dalam hal Kerjasama, Unismuh Luwuk terus berbenah diri dan menjalin kerjasama dengan berbagai institusi baik di dalam maupun luar negeri dalam upaya mewujudkan visi dan misi kami. 

Perkembangan Unismuh Luwuk dari waktu ke waktu kata Rektor, terus mengalami peningkatan yang signifikan dimana dari kerjasama yang terjalin telah di Implementasikan melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pengembangan SDM, Sarana dan Prasarana, Bantuan Beasiswa bagi Dosen dan Mahasiswa yang diberikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai serta Program Pemberdayaan Masyarakat salah satunya melalui dana CSR Perusahaan JOB Tomori Pertamina Medco E&P Sulawesi.

BACA JUGA:  Pimpin DPRD, Patwan Kuba Ajak Anggota Tuluskan Niat Wujudkan Balut yang Maju dan Sejahtera 

“Dan tentunya ini akan terus kami optimalkan dan perkuat sehingga dihasilkan mutualisme untuk kemajuan bagi Universitas Muhammadiyah Luwuk,” kata Rektor.

Di akhir sambutannya, Ia mengajak kepada seluruh sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Luwuk untuk mari bersama- sama berkolaborasi, berinovasi, dan saling mendukung demi mencapai tujuan bersama. 

“Saya percaya, dengan semangat kebersamaan dan kerja keras kita, Universitas Muhammadiyah Luwuk ini akan terus berkembang dan memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan Daerah, bangsa dan negara,” tandasnya. (*)