BeritaDaerahNews

Banggai Government Expo 2024 Sukses! Perputaran Uang Capai Rp 1,3 Miliar

216
×

Banggai Government Expo 2024 Sukses! Perputaran Uang Capai Rp 1,3 Miliar

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Setelah berlangsung selama empat hari, mulai dari tanggal 18 hingga 21 September 2024, Banggai Government Expo 2024 berhasil mencatat perputaran uang yang sangat signifikan, mencapai angka Rp 1,3 miliar. 

Dalam empat hari penyelenggaraan, pencapaian tersebut merupakan hasil sementara dari survei pada beberapa sektor yang masih berada pada tahap perhitungan kasar. 

Sebagai pelaksana kegiatan, Kepala Dinas Pariwisata, Ismed M. Wardhana, S.STP,M.Si menyebut bahwa hingga kini baru empat dari total enam belas indikator yang disurvei, yaitu sektor jasa, ekonomi kreatif, UMKM, dan perdagangan elektronik. 

Kendati baru empat sektor, angka perputaran ekonomi sudah mencapai Rp 1,3 miliar, mencerminkan kuatnya pengaruh acara ini terhadap perekonomian lokal.

“Yang paling tinggi adalah sektor jasa, para tukang dan pengerjaan stand ini mencapai  Rp 8 juta per stand, UMKM yang kita survei dalam tiga hari sebanyak Rp 270 juta dari 40 booth yang berpartisipasi,” Jelas Ismed. 

BACA JUGA:  KPU Gelar Rakor Persiapan Jelang Debat Kandidat Cabup-Cawabup Bangkep

Tidak hanya menjadi ajang pameran, tetapi juga sarana bagi pemerintah untuk menampilkan hasil kerja nyata yang telah dilakukan, Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO menyampaikan rasa bangga atas keberhasilan acara ini. 

“Saya melihat, senang dan bangga, ternyata pengaruh kegiatan malam hari ini luar biasa, baik pemerintah daerah yang telah menampilkan capaian kinerja selama kurun waktu 3 tahun,” kata Amirudin. 

Banggai Expo 2024 juga menjadi ajang apresiasi bagi stand-stand yang menonjol dalam hal informasi, pelayanan, dan kreativitas, tiga stand terbaik yang mendapatkan penghargaan adalah BRIDA, RSUD Banggai, dan Kecamatan Moilong. 

BACA JUGA:  Dispar Banggai Dapat Kunjungan Pj Bupati Aceh Besar dan Pjs Bupati Raziras

Pada acara ini, apresiasi juga datang dari Kurniaman Telaumbanua, S.H., M.Hum., Direktur Merek dan Indikasi Geografis, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI, yang memberikan penghormatan kepada Bupati Banggai dan seluruh jajaran pemerintahan atas terselenggaranya Banggai Expo 2024. 

“Apresiasi kepada Bupati Banggai dan seluruh jajaran atas terselenggaranya Banggai Expo 2024, harapan kami produk UMKM dan seluruh seni budaya yang ada di Kabupaten Banggai mari kita lindungi, karena semua bisa berdampak ekonomi menuju indonesia emas 2045,” tutur Kurniaman. 

Selain itu, dalam acara ini juga dilakukan penyerahan penghargaan, sertifikat hak cipta dan penandatanganan berita acara bersama dengan Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Banggai, dan Polres Banggai. 

BACA JUGA:  Forum Perlindungan Korban Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Banggai Dikukuhkan, Pertama di Sulteng

Salah satunya yaitu penandatanganan kesepakatan bersama terkait pelayanan kedaruratan melalui call center 112 dan aplikasi Banggai Digital Service antara Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kabupaten Banggai dengan enam perangkat daerah.

Menutup rangkaian acara, Bupati Banggai menyampaikan terima kasih kepada seluruh OPD, kecamatan, dan pelaku usaha yang telah berpartisipasi dalam Banggai Expo 2024. 

“Terima kasih kepada seluruh OPD yang telah ikut stand pada kegiatan ini, begitu juga kepada seluruh kecamatan dan pelaku-pelaku usaha,” ucap Bupati sebelum menutup secara resmi Banggai Government Expo 2024.

Partisipasi aktif dari berbagai pihak ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat, serta memacu pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan. (*)