BeritaDaerahNews

Masyarakat Komba-Komba Antusias Sambut Suryani Mile, Sosok Pemimpin yang Peduli Kearifan Lokal  dan Budaya Leluhur

472
×

Masyarakat Komba-Komba Antusias Sambut Suryani Mile, Sosok Pemimpin yang Peduli Kearifan Lokal  dan Budaya Leluhur

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id – Bakal calon Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep) Hi.Fatiyah Suryani Mile melanjutkan rangkaian kunjungannya ke berbagai desa, kali ini di Desa Komba – Komba, Kecamatan Bulagi, pada Kamis (12/9/2024).

Fatiyah Suryani Mile bersama Tim pemenangan SMILE-MAN  disambut hangat oleh tetua adat dan masyarakat desa. 

Senyum ramah terpancar, seakan merangkulnya sebagai bagian dari keluarga besar Desa Komba-Komba. Di dalam, suasana penuh khidmat saat Suryani mendengarkan cerita dari tetua adat tentang sejarah rumah adat dan peran pentingnya dalam menjaga keharmonisan desa.  “Kami hidup dengan menjaga hubungan dengan alam dan budaya,” kata salah ketua adat.

BACA JUGA:  Faperta Untika Luwuk Buka Penerimaan Maba Program Magister Ilmu Pertanian 

Dalam sambutannya, Fatiyah Suryani Mile menyampaikan bahwa ia berkomitmen untuk melestarikan kearifan lokal. Ia percaya, tanpa menjaga tradisi, kita akan kehilangan jati diri sebagai bangsa. 

BACA JUGA:  Duh! Baru Setahun Dikerjakan, Jalan Dana Inpres di Simpang Raya Sudah Rusak

“Pembangunan yang saya tawarkan adalah pembangunan yang tidak melupakan akar kita. Desa Komba-Komba ini kaya akan nilai-nilai yang harus kita jaga, dan saya akan memastikan bahwa generasi selanjutnya akan bisa mewarisi kekayaan ini,” ujarnya dengan penuh semangat.

Fatiyah Suryani Mile juga menekankan pentingnya menjaga lingkungan, sebagaimana yang telah dilakukan masyarakat Komba-Komba. 

Ia menggandeng pemuda dan pemudi desa, mengajak mereka terlibat dalam pembangunan yang berkelanjutan, memastikan bahwa desa mereka akan terus menjadi tempat yang subur dan damai untuk generasi mendatang.

BACA JUGA:  Abrasi Mengancam, Warga Desa Keak Minta Pemda Balut Bangun Tanggul Pantai 

Dengan penuh harapan, masyarakat Desa Komba-Komba menatap masa depan yang cerah di bawah kepemimpinan Fatiyah Suryani Mile. Ia bukan hanya pemimpin, tetapi bagian dari mereka, yang memahami bahwa kekuatan sebuah daerah terletak pada persatuan antara modernitas dan tradisi.(RS)**