BeritaDaerahNews

Resmi Dimulai, Masjid Al Fattah Bukit Mambual Gelar Beragam Lomba Peringati Maulid Nabi

624
×

Resmi Dimulai, Masjid Al Fattah Bukit Mambual Gelar Beragam Lomba Peringati Maulid Nabi

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pengurus Masjid Al Fattah BTN Bukit Mambual Regency kembali menggelar beragam lomba untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah.

Ada empat lomba yang diselenggarakan untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini, yakni Lomba Hafalan Surat-surat pendek untuk tingkat TK-SD, Lomba Hafalan tingkat SMP-SMA, Lomba Praktik Sholat tingkat SD-SMP dan lomba sholawat antar majelis taklim.

Beragam lomba yang akan berlangsung selama empat hari itu resmi dibuka dan dimulai pada Selasa malam 10 September 2024. Di malam pertama, lomba yang digelar adalah lomba hafalan untuk tingkat TK-SD.

BACA JUGA:  Menang 2-0, King Peace Fc Juara Grup K Mini Soccer Matindok Cup 2024

Sebanyak 13 peserta, ikut berpartisipasi dalam lomba hafalan pada malam pertama. Terlihat para santri TPA Masjid Al Fattah begitu antusias ikut dalam lomba hafalan.

Kegiatan lomba hafalan ini dipandu langsung oleh Kordinator Lomba, Salam Turun, dan menghadirkan tiga dewan juri.

Tiga dewan juri yang menilai peserta lomba hafalan tahun ini, ada tiga orang yakni Ustad Fandy Rahmat Juri 1, H. Abidin Mahmud Juri Ii, dan Ustadz Mutakim SH., sebagai juri III. 

BACA JUGA:  Abrasi Mengancam, Warga Desa Keak Minta Pemda Balut Bangun Tanggul Pantai 

Ada empat penilaian dalam lomba hafalan, yakni Makroj, Tajwid, Kelancaran, Adab dan Sikap. 

Usai kegiatan lomba, Dewan Juri menyampaikan sejumlah pesan kepada para santri yang ikut berpartisipasi. 

Seperti Mutakim, berpesan kepada santri untuk terus belajar dan meningkatkan hafalannya, mulai dari adab, hingga Mahroj dan tajwid.

“Harus banyak belajar, jangan banyak bermain. Terlebih lagi surah Al Fatihah, harus benar-benar dihafal. Dari segi bacaannya, hurufnya hingga panjang pendeknya,” ucapnya.

Lomba hafalan kali ini kata dia, sebagai langkah awal agar kedepannya santri bisa lebih baik lagi.

BACA JUGA:  Ayo Ramaikan Berlangsung 4 Hari, Banggai Government Expo 2024 Resmi Dibuka

“Kedepannya semua surat-surat pendek bisa dihafal. Insya Allah, kalau bisa hafal nanti sebagai generasi penerus, bisa jadi imam,” pesannya. 

Diketahui, kegiatan lomba ini akan berlangsung hingga 13 September 2024, yang akan ditutup dengan lomba sholawat antar majelis taklim. Sementara puncak peringatan Maulid Nabi akan digelar pada Minggu 15 September 2024 mendatang.

Sedikitnya, ada 6 majelis taklim yang diinformasikan akan mengikuti lomba sholawat untuk memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW. Lomba sholawat ini dikoordinatori oleh Erwin Nursin yang juga Dosen Unismuh Luwuk. (*)