BeritaDaerahNews

Cerita Letda Inf Sudirman Dirikan TPQ Daarul Hijrah Simpong, Kini Kian Diminati dan Punya 80 Santri

1126
×

Cerita Letda Inf Sudirman Dirikan TPQ Daarul Hijrah Simpong, Kini Kian Diminati dan Punya 80 Santri

Sebarkan artikel ini
Cerita Letda Inf Sudirman, mendirikan TPQ Darul Hijrah yang saat ini kian diminati dan telah memiliki 80 santri. FOTO: ISTIMEWA
Example 300250

Banggaikece.id- Cerita Letnan Dua Infantri (Letda Inf), Sudirman yang mendirikan Taman Pangajian Qur’an (TPQ) Darul Hijrah bertempat di kediamannya, Jalan P. Halmahera, Kelurahan Simpong, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai.

Kini, TPQ yang didirikan sudah setahun itu kian diminati dan memiliki 80-an santri. Sebelumnya, di awal-awal berdiri, hanya 20-an. Tak butuh waktu lama, jumlah santri pun terus meningkat.

Jumat 6 September 2024 kemarin, TPQ Darul Hijrah melangsungkan Khataman Alquran santri untuk kali kedua, sepanjang setahun.

Dalam momentum itu, santriwati atas nama Azizah putri dari Haslan khatam dengan lancar dan fasih. Atas rasa syukurnya, orangtua santri, menyiapkan makanan 80 dos nasi bungkus hisana untuk dibagikan ke anak santri, Jumat berkah.

“Alhamdulillah TPQ yang beralamat di rumah kami di  Jalan P Halmahera Kelurahan Simpong Kecamatan Luwuk Selatan Kab Banggai di lorong Gado-gado Kayuku ini telah berjalan selama kurang lebih setahun,” ucap Sudirman, mengawali ceritanya. 

BACA JUGA:  Mulai 25 September, Incumbent Harus Cuti dan Banggai Dipimpin Pejabat Sementara 

TPQ ini didirikan pada tgl 15 September 2023, yang didirikan dan inisiatif langsung dari sang Letnan Dua Infantri Sudirman, anggota dari Kodim 1308/LB. Awal-awal berdiri, TPQ membimbing sekitar 20 santri.

“Alhamdulillah seiring berjalannya waktu pada tanggal 06 September 2024 usia berdirinya TPQ ini memasuki usia yang pertama dengan jumlah santri sekitar 80 orang,” kata Sudirman.

Dengan keihklasan dan ketulusan dari dewan pengajar dan bimbingan dari Sudirman sebagai Ketua, TPQ berjalan dengan baik dan semakin diminati oleh anak-anak santri yang ingin belajar Alquran bahkan ada santri yang jauh dari tempat ini tetap mereka semangat untuk datang belajar mengaji di TPQ Darul Hijrah.

Ia menyebutkan, di TPQ Darul Hijrah ini bukan cuma hanya belajar mengaji tapi diajarkan cara menulis Alquran dan diselingi juga dengan kegiatan yang bermanfaat dengan bertujuan agar para santri tidak bosan dan tidak jenuh dalam menuntut ilmu untuk belajar mengaji.

BACA JUGA:  Mantan Bupati Sofhian Mile Ajak Masyarakat Menangkan  Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang

Adapun aktivitas proses belajar mengajar Al Qur’an dan Iqro’ dimulai dari pukul 14.00 sampai dengan 17.20 WITA, pada setiap Hari Senin sampai Jum’at. 

Sudirman mengungkapkan sabda nabi  tentang pentingnya mengajarkan dan mempelajari Al Qur’an,

“Sebagai mana 

Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda: “Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari). 

Hadis Keutamaan mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an 

عن أَبي أُمامَةَ رضي اللَّهعنهُ قال : سمِعتُ رسولَ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم يقولُ : « اقْرَؤُا القُرْآنَ فإِنَّهُ يَأْتي يَوْم القيامةِ شَفِيعاً لأصْحابِهِ » رواه مسلم

“Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

BACA JUGA:  Ini Para Juara Lomba Peringati Maulid Nabi di Masjid Al Fattah BTN Bukit Mambual Regency

Inilah dasar Sudirman, berinisiatif untuk mendirikan TPQ salah satunya adalah untuk membantu pemerintah Kabupaten Banggai dalam mensukseskan Program Banggai mengaji sehingga kedepan anak-anak sudah tidak ada lagi yang buta huruf Alquran.

Pendirian TPQ Darul Hijrah juga mendapat perhatian dari Kepala Kementerian Agama Kabupaten Banggai. 

Saat silaturahmi ke TPQ, Kepala Kemenag Banggai, Suardi Kandjai memberikan apresiasi atas bertambahnya TPQ di Kabupaten Banggai. Izin operasional pun diterbitkan Kementerian Agama.

Dalam proses belajar mengajar di TPQ Darul Hijrah ini dibantu oleh 3 orang pengajar di antaranya adalah Nuriati Hadju,  Nurhafizatil Qirani dan Lia Aulia Dako.

Setelah pulang dari kantor berdinas, Letda Inf Sudirman ikut membantu mengajar kepada Santri. Ia berharap, agar diberikan Istikomah dalam mengajarkan Al-Qur’an. (*)