BeritaDaerahNews

GMNI Luwuk Ingatkan ASN, Jangan Bikin Gerakan Tambahan Jelang Pilkada!

714
×

GMNI Luwuk Ingatkan ASN, Jangan Bikin Gerakan Tambahan Jelang Pilkada!

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPC GMNI) Luwuk Banggai menyoroti aktivitas sejumlah ASN di Kabupaten Banggai karena terindikasi terlibat politik praktis pada Pikada 2024.

Sorotan ini tentunya menyoal beberapa berita yang beredar di publik tentang oknum ASN yang tidak lagi berpedoman pada kode etik.

Apalagi baru-baru ini sedang hangat keberpihakan oknum ASN Satpol PP Banggai yang diduga telah mendeklarasikan dirinya serta mengajak kepada masyarakat untuk memilih salah satu paslon di Pilkada 2024.

Keterlibatan oknum ASN tergambar dalam video viral bedurasi 1 menit 38 detik, dan diperbincangan publik sehingga melahirkan berbagi pendapat.

BACA JUGA:  Rakor KPA Tingkat Sulteng, Upaya Tingkatkan Penanggulangan dan Pencegahan HIV-AIDS

Tidak terkecuali dari DPC GMNI Luwuk Banggai sangat menaruh atensi terkait peristiwa ini.

Melalui Bung Abdul Salewo, yang merupakan kader aktif dan Pengurus DPC GMNI Luwuk Banggai sangat perihatin terhadap kegagalan berfikir ASN tersebut.

‘’Iya, ini menjadi catatan kita bersama, ASN mestinya tahu batasan. Saya kira sudah jelas aturanya, jangan lagi ada gerakan tambahan,” tegasnya.

Ia meminta kepada seluruh ASN di Kabupaten Banggai tanpa terkecuali untuk bersikap netral dalam kontestasi Pilkada 2024.

Menurutnya, sudah banyak gerakan tambahan yang dilakukan oleh oknum ASN di Kabupaten Banggai yang mempertontonkan keberpihakanya kepada salah satu paslon.

BACA JUGA:  Turunkan Baliho Cuma Prank, Warga Lontos Tetap Solid Dukung Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang 

Peristiwa itu sangat ia sayangakan, apalagi netralitas ASN diatur dalam Pasal 2 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Dalam UU tersebut disebutkan bahwa salah satu penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN mengacu pada asas netralitas

‘’Karena ini sudah masuk ranah Bawaslu, kami selaku masyarakat menaruh harapan besar kepada lembaga tersebut untuk menyikapi setiap persoalan terkait ASN yang tidak netral,” kata dia.

Abdul juga mengapresiasi respon cepat Bawaslu Banggai yang memanggil oknum ASN berinisial UM tersebut.

BACA JUGA:  Yamaha Prima Motor Ramaikan Pameran BGE 2024, Dapatkan Promo Menarik!

Terlihat dalam video itu UM secara jelas sedang berada di salah satu posko tim pemenangan Amirudin Tamoreka dan Furqanuddin Masulili (AT-FM), di BTN Pepabri, Kelurahan Kilongan, Kecamatan Luwuk Utara.

‘’Bawaslu harus menjadi garda terdepan dalam mengawasi segala bentuk pelanggaran Pilkada Banggai,” tegasnya.

Pada prinsipnya, GMNI Luwuk Banggai siap bekerja sama dalam mengawal jalanya tatanan demokrasi yang sehat di Kabupaten Banggai, serta menentang segala bentuk tindakan ASN yang tidak netral. (*)

Penulis: Maruf