BeritaDaerahNews

Hadiri Peningkatan Kapasitas Bagi Kades, Kabid Pemasaran: Dispar Siap Bersinergi

653
×

Hadiri Peningkatan Kapasitas Bagi Kades, Kabid Pemasaran: Dispar Siap Bersinergi

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai, Ismed M. Wardhana, S.STP,M.Si ., yang diwakili kepala bidang Pemasaran, menghadiri pembukaan peningkatan kapasitas bagi para kepala desa se-Kabupaten Banggai, Selasa 3 September 2024.

Acara dilaksanakan di Aula hotel Estrella Luwuk yang dibuka langsung oleh Bupati Banggai, Ir.H Amirudin, M.M.,  dan dihadiri oleh para pimpinan OPD serta seluruh Kepala Desa sekabupaten Banggai.

Dinas Pariwisata selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam kegiatan ini memiliki peran penting dalam kegiatan penguatan kapasitas bagi kepala desa untuk pengembangan produk unggulan dan inovasi desa diantaranya adalah melalui program desa wisata.

BACA JUGA:  Dimeriahkan Dewa 19, Puluhan Ribu Warga Padati Konser BerAmal di GOR Kilongan 

Diharapkan dengan kegiatan ini, para kepala desa dapat meningkatkan kemampuan  mengelola potensi dan inovasi desa di wilayah mereka, sehingga program desa wisata dapat menjadi produk unggulan desa yang berkontribusi pada perekonomian lokal.

Melalui program ini pula, Dinas Pariwisata akan memberikan bimbingan dan dukungan pelatihan yang komprehensif, mencakup pengelolaan destinasi wisata, pemasaran, hingga strategi pengembangan berkelanjutan. 

BACA JUGA:  Program SJSP Ayam Pedaging Tak Berkelanjutan, Penerima Manfaat di Toili Merugi

Selain itu, Dispar juga memfasilitasi akses terhadap berbagai sumber daya, termasuk pendanaan dan jejaring pemasaran, untuk memastikan desa wisata mampu bersaing dan berkembang.

Dukungan Anggaran Pemerintah Daerah tahun 2025 akan difokuskan pada penguatan infrastruktur, pengembangan SDM, dan promosi desa wisata, sehingga setiap desa memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri yang dapat menarik wisatawan. 

BACA JUGA:  Lakalantas Mobil VS Motor di Masama, Pemotor Luka-luka Hingga Mobil Ringsek

Dengan demikian, sinergi antara Dinas Pariwisata dan kepala desa,  diharapkan mampu mendorong pertumbuhan sektor pariwisata yang inklusif dan berkelanjutan di Kabupaten Banggai.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kepala desa dapat lebih proaktif dalam mengembangkan sektor pariwisata di desa mereka, sehingga dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat dan secara umum masyarakat Kabupaten Banggai. (*)

Sumber: Bidang Pemasaran Dispar