BeritaDaerahNews

Fatiyah Suryani Mile Hadiri Penanaman Perdana Nilam di Tinangkung Selatan

1066
×

Fatiyah Suryani Mile Hadiri Penanaman Perdana Nilam di Tinangkung Selatan

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id-  Calon Bupati Kabupaten Banggai Kepulauan  Hj.Fatiyah Suryani Mile SH.MH (Smile) menghadiri undangan kegiatan Penanaman budidaya tanaman Nilam dari 2 kelompok Tani Nilam Desa Tobing kecamatan Tinangkung, Senin 2/9/2024.

Hj.Fatiyah Suryani Mile bersama para ketua dan pengurus  partai politik pengusung tiba di Desa Tobing sekitar pukul 07.30 WITA.

Ketua Tim Pemenangan paslon Smile – Man H.Suleiman Hussein pada media ini mengatakan, Calon Bupati Kabupaten Banggai Kepulauan  Hj.Fatiyah Suryani Mile SH.MH (Smile) diundang resmi oleh 2 kelompok tani nilam Desa Tobing untuk menghadiri Penanaman  perdana tanaman nilam di area kebun  kurang lebih 5 hektar  milik kelompok Tani nilam Desa Tobing.

BACA JUGA:  2.668 Peserta Siap Ramaikan Run de City, Ada dari Jepang Hingga India

Suleiman Husein juga mengatakan Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian silaturahmi dalam upaya memperkuat hubungan dengan berbagai elemen masyarakat menjelang Pilkada yang akan digelar pada 27 November 2024.

BACA JUGA:  Dimeriahkan Dewa 19, Puluhan Ribu Warga Padati Konser BerAmal di GOR Kilongan 

Kehadiran  calon Bupati ini disambut oleh Ketua kelompok Tani Nilam dan puluhan anggotanya Serta Petani Nilam dari desa tetanga Paisumosoni.

Hj. Fatiyah Suryani Mile bersama para ketua partai kolisi Smile-Man dan para petani melaksanakan Penanaman  Nilam dikebun milik kelompok tani Nilan.

Untuk mendorong semangat dan memotivasi para petani Nilam Desa Tebing  Calon Bupati Fatiyah Suryani Mile menjelaskan bahwa Nilam atau (Pogostemon cablin Benth.), yang merupakan salah satu jenis tanaman penghasil minyak atsiri dengan nama perdagangan Minyak Nilam, dimanfaatkan sebagai salah satu bahan baku industri parfum, bahan dupa, minyak atsiri, antiserangga dan industri kosmetik. Harga jual Minyak Nilam termasuk yang tertinggi apabila dibandingkan dengan minyak atsiri lainnya.

BACA JUGA:  Ini Para Juara Lomba Peringati Maulid Nabi di Masjid Al Fattah BTN Bukit Mambual Regency

Fatiyah Suryani Mile berharap Penanaman Nilam ini terus dilakukan berkesinambungan untuk meningkatkan kesejateraan dan ekonomi para petani Nilam. (RS)**