BeritaDaerahNews

Fatiyah Suryani Mile, Sosok Pemimpin yang Peduli Kelestarian Alam Banggai Kepulauan

1079
×

Fatiyah Suryani Mile, Sosok Pemimpin yang Peduli Kelestarian Alam Banggai Kepulauan

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id –  Calon Bupati Banggai Kepulauan, Hj. Fatiyah Suryani Mile SH.MH (Smile) adalah sosok pemimpin yang Peduli akan Kelestarian Alam Dan jadi Mesin Ekonomi Untuk Masyarakat pulau peling.

Menurut salah seorang Tokoh pemuda, Pulau Peling yang juga aktif  sebagai Aktifis  Irwanto DJ., mengatakan, Pulau Peling dan pulau-pulau kecil pengapit di sekitarnya merupakan bonus geografis yang dianugerahkan Tuhan kepada masyarakat Banggai Kepulauan.

Panjang bentangan pesisir pantai dan luasnya ekosistem karst telah membentuk bukit-bukit dan lembah-lembah, teluk  dan hamparan pasir bak permadani surgawi yang mampu menghipnotis siapapun yang melihatnya.

BACA JUGA:  Menang 2-0, King Peace Fc Juara Grup K Mini Soccer Matindok Cup 2024

Irwanto DJ. juga mengatakan dalam setiap diskusi ibu Suryani Mile selalu mengungkapkan bahwa alam Banggai Kepulauan adalah anugerah Tuhan yang begitu unik dan berharga yang harus  dijaga kelestarian dan keseimbangannya itu harus dimulai dari diri sendiri dan dari perkara-perkara kecil salah satunya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama sampah plastik.

BACA JUGA:  Turunkan Baliho Cuma Prank, Warga Lontos Tetap Solid Dukung Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang 

Bentuk konsistensi beliau dalam menjaga lingkungan ternyata tidak sebatas kata-kata jauh sebelum menjadi Calon Bupati Ibu Suryani Mile telah beraktivitas di Banggai Kepulauan bersama NGO dan Yayasan Lingkungan Hidup yang dipimpinya lewat pemetaan pesisir dan perlindungan terpadu yang berkelanjutan dan tahun kemarin giat-giat tersebut terlaksana di wilayah kecamatan Bulagi Selatan dan Buko Selatan.

Bukan hanya dijaga, alam yang indah ini harus mampu menjadi mesin kesejahteraan buat masyarakat melalui komersiali yang berkearifan tanpa harus merusak tatanan sosial dan ekonomi yang sudah berjalan. 

BACA JUGA:  Ayo Ramaikan Berlangsung 4 Hari, Banggai Government Expo 2024 Resmi Dibuka

Sebelumya  seperti pengembangan sektor Perikanan, Pariwisata dan Pertanian  kita hanya perlu melakukanya dalam kelipatan yang lebih besar lagi lewat pendampingan teknis, regulasi, dan penciptaan iklim investasi yang baik dan itulah tugas negara dalam hal ini daerah sebagai penjamin kesejahteraan rakyat begitu ungkap Ibu Suryani Mile.(RS)**