BeritaDaerahNewsPendidikan

Diikuti 741 Mahasiswa Baru, Rektor Unismuh Luwuk Resmi Buka Masta/PKKMB

491
×

Diikuti 741 Mahasiswa Baru, Rektor Unismuh Luwuk Resmi Buka Masta/PKKMB

Sebarkan artikel ini
Rektor Unismuh Luwuk, Dr. Sutrisno K Djawa menyematkan atribut kepada Maba, sebagai simbol dimulainya pelaksanaan PKKMB. FOTO: JAJAD SUDRAJAD
Example 300250

Banggaikece.id- Diikuti 741 Mahasiswa Baru (Maba), Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk resmi membuka kegiatan Masa Taaruf (Masta) atau Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2024/2025, Kamis 29 Agustus 2024.

Pembukaan Masta yang berlangsung di Kampus 2 Unismuh Luwuk ini dihadiri Ketua BPH, Dr. Farid Haluti, Wakil Rektor II Nirwan Moh Nur SH., MH., Wakil Rektor III, Dr. Agung K Djibran, para dekan, hingga kepala-kepala lembaga di kampus hijau Unismuh Luwuk.

Kegiatan Masta atau PKKMB ini mengusung tema Membentuk karakter mahasiswa yang Excellent, Islami, dan kompetitif, guna mewujudkan smart university.

Membuka Masta atau PKKMB, Rektor Unismuh Luwuk, Dr. Sutrisno K Djawa, menyampaikan selamat datang kepada ratusan mahasiswa baru di kampus hijau Unismuh Luwuk.

“Perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia ini, ada 172 PTM, salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai. Untuk Sulteng, hanya ada dua yaitu di Kota Palu dan Luwuk,” ucap Rektor Dr Sutrisno K.

BACA JUGA:  Lakalantas Mobil VS Motor di Masama, Pemotor Luka-luka Hingga Mobil Ringsek

Rektor mengungkapkan alasan digelarnya Masa Taaruf di kampus 2 Unismuh Luwuk yang terletak di Desa Boyou, Kecamatan Luwuk Utara.

“Dibuat masa ta’aruf di sini, sekaligus untuk pengenalan kampus 2 kepada mahasiswa baru. Ada 741 mahasiswa baru yang ikut dalam ta’aruf kali ini, melebihi dari tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Kedepan sebut Rektor, Kampus 2 Unismuh Luwuk ini akan menjadi kampus terpadu. “Insya Allah kita akan bangun kampus terpadu di sini, semoga teman-teman yang ikut ta’aruf hari ini, bisa diwisuda di sini empat tahu. kedepan,” kata Rektor.

Pelaksanaan PKKMB di kampus 2 Unismuh Luwuk, menjadi sejarah bagi mahasiswa baru. “Kalian pecahkan rekor di sini, Insya Allah di wisuda di sini empat tahun kemudian. Nanti empat tahun lagi, so tidak jauh, kalau sudah bakos di seputaran kampus dua,” tuturnya.

Menjalani perkuliahan selama empat tahun, tentunya banyak lika-liku yang akan dihadapi mahasiswa. Melalui PKKMB ini, menjadi modal bagi mahasiswa untuk bisa berproses atau adaptasi.

BACA JUGA:  Sulteng Sukses Raih Emas Lewat Cabor Petanque di PON Aceh, 1 Atlit Alumni Unismuh Luwuk

Di awal sambutannya, Rektor juga memperkenalkan seluruh pejabat yang hadir di Pembukaan PKKMB, mulai dari Ketua BPH, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Prodi, hingga kepala-kepala Lembaga.

“Ketua BPH ini namanya Dr. Farid Haluti. Badan Pembina Harian, itu mengarahkan Rektor dan mahasiswa. Beliau juga sekaligus Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Banggai,” jelas Rektor, memperkenalkan.

Kemudian, memperkenalkan Wakil Rektor II Nirwan Moh Nur yang juga hadir dalam pembukaan.

“Kalau belum bayar atau mau minta dispensasi, bisa temui Wakil Rektor II. Kemudian, ada Pak Dr. Agung K Djibran, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan. Kalau terkait kemahasiswaan termasuk program MBKM, beliau yang menangani,” bebernya, mengenalkan semua pejabat yang hadir kepada mahasiswa baru.

Sementara itu, Ketua Panitia Masta Unismuh Luwuk, Dr. Mukhtar Lutfie, menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru di kampus hijau Unismuh Luwuk Banggai.

“Pertama saya mengapresiasi kepada semua rekan-rekan panitia pelaksana, atas kerja keras dan kerja sama yang baik, dari awal hingga hari ini, pembukaan masa ta’aruf bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

BACA JUGA:  SJS Luwuk Fc dan Abim Fc Kunci Tiket Terakhir ke Perempat Final 

Menurutnya, tanpa dedikasi dari rekan-rekan panitia, tidak mungkin kegiatan pembukaan masa ta’aruf bisa berjalan dengan lancar. Mulai dari tahapan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan.

“Untuk jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan masa ta’aruf pada tahun ini, sebanyak 741 mahasiswa baru. Semoga kegiatan masa ta’aruf ini bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

Di akhir laporannya, Ia menyambut ratusan mahasiswa baru di kampus hijau Unismuh Luwuk. “Ini gerbang awal menuju kehidupan kampus, yang penuh tantangan. Melalui kegiatan ini, bukan hanya mendapatkan ilmu pengetahuan, tapi untuk membentuk karakter sesuai dengan tema yang diangkat hari ini,” tandasnya.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan penyematan atribut oleh Rektor Unismuh Luwuk, Dr. Sutrisno K Djawa sebagai simbol telah dimulainya pelaksanaan PKKMB yang akan berakhir hingga 1 September 2024 mendatang. (*)