BeritaDaerahNewsPolitik

Siap Jadi Bupati dan Wakil Bupati Banggai, Ini 12 Program Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang 

1188
×

Siap Jadi Bupati dan Wakil Bupati Banggai, Ini 12 Program Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang 

Sebarkan artikel ini
Tumpah ruah, ribuan warga padati Deklarasi Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang. FOTO: IST/FB
Example 300250

Banggaikece.id- Siap menjadi Bupati dan Wakil Bupati Banggai untuk periode 2025-2030, ini 12 program unggulan yang akan direalisasikan pasangan calon Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang.

Duabelas program yang ditawarkan dan siap direalisasikan ketika terpilih nanti itu di antaranya bantuan seragam sekolah hingga pemberdayaan UMKM.

“Saya Sulianti Murad bersama Pak Samsul Bahri Mang, mendeklarasikan diri maju bertarung di Pilkada Banggai. Mohon dan dukungan, kami berada di sini untuk mensejahterakan masyarakat Banggai,” ucap Calon Bupati Banggai, Sulianti Murad dalam sambutannya di acara deklarasi yang dipadati puluhan ribu warga, Senin malam 26 Agustus 2024, di Lapangan Gor Kilongan.

Bersama Samsul Bahri Mang, Sulianti berkomitmen akan memberikan yang terbaik untuk masyarakat Banggai. Semua sektor, mulai dari pertanian, perkebunan, perikanan dan lain sebagainya, akan dikelola dengan maksimal sehingga bisa memberikan kesejahteraan.

Sulianti Murad, adalah sosok yang tak perlu diragukan lagi. Di mana kelurga almarhum Murad Husain itu telah banyak membantu masyarakat dalam bidang sosial hingga keagamaan.

Sebagai putri dari almarhum Murad Husain, Sulianti Murad terpanggil untuk berbuat lebih banyak untuk masyarakat Banggai. Sehingga maju di Pilkada Banggai, adalah salah satu solusinya.

“Setuju? Bungkus! Jadi tanggal 27 November, cucu padia (Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang). Saya ceritakan, pada bulan Mei lalu, saya diundang di kediaman Bapak Prabowo Subianto (Presiden terpilih). Beliau bilang ke saya, siap jadi Bupati? Saya bilang, siap. Olehnya, mohon doa dan dukungan menangkan Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang,” ucap Sulianti Murad.

BACA JUGA:  Marak Beredar, Polisi Amankan 60 Bungkus Cap Tikus di Balantak Utara

 “Bismillahirrahmanirrahim, pada malam ini, di GOR Kilongan, saya Sulianti Murad dan Samsul Bahri Mang mendeklarasikan diri sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Banggai. Semoga Allah meridhoi, Aamiin,” kata Sulianti Murad.

Dalam kesempatan itu, Sulianti Murad memaparkan program yang akan direalisasikan jika terpilih memimpin Kabupaten Banggai.

Pertama, program kartu subsidi seragam sekolah setiap tahunnya. Program ini untuk menjawab permasalahan di tengah masyarakat, yang tingginya biaya pendidikan dalam membeli seragam sekolah.

“Kedepannya, jika diamanatkan, kami akan membantu meringankan beban para emak-emak yakni bantuan seragam sekolah. Kemudian saya dengar informasi, masih ada yang putus sekolah. Nanti di zaman saya, tidak akan ada lagi yang putus-putus sekolah, karena pendidikan akan menjadi prioritas,” bebernya.

Kedua, program untuk ibu hamil. Di era Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang nanti, ibu hamil akan mendapatkan bantuan makanan gratis dan bergizi. Ini salah satu upaya, untuk menekan angka stunting dan melahirkan anak yang sehat.

BACA JUGA:  Ratusan Warga Apal Liang Antusias Sambut Cawabup Serfi Kambey 

Ketiga, memberikan bantuan PKH Plus. Program ini akan menyasar semua masyarakat tidak mampu, yang selama ini tidak mendapat bantuan PKH. 

Keempat, Sulianti Murad dan Samsul Bahri Mang akan mendirikan sentra produksi, mulai dari sektor pertanian, perikanan dan lainnya. Contoh seperti Bualemo misalkan, nantinya bisa difokuskan untuk pengembangan jagung atau lainnya. Ini semua dilakukan sebagai upaya swasembada pangan.

Kelima, membangun rumah sakit Pratama yang tersebar di semua wilayah Banggai. Mulai dari Toili hingga kepala burung dan Nuhon. Sehingga nantinya, tidak ada lagi masyarakat yang sulit mengakses layanan kesehatan.

Keenam, pembangunan infrastruktur dan transportasi. Seperti Bandara Luwuk, yang saat ini hanya dilayani satu maskapai, dan tarifnya mahal, pasangan ini siap melobi untuk memecahkan permasalahan.

“Kemudian pelabuhan Luwuk, yang terlihat kumuh, kami akan bangun yang lebih baik. Supaya masyarakat nyaman saat masuk di Pelabuhan Luwuk,” tutur Sulianti Murad.

Olehnya, Sulianti Murad mengajak kepada semua masyarakat untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mendukung Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang di Pilkada Banggai.

Enam program lainnya dipaparkan oleh Calon Wakil Bupati Banggai, Samsul Bahri Mang.

BACA JUGA:  Ditanya Soal Tambang Batu Gamping di Bangkep, Ini Jawaban Tegas Ahmad Ali

Enam programnya, yakni pembangunan kantong produksi, integrasi digitalisasi, peningkatkan isentif RT hingga rukun tetangga, pemberdayaan UMKM, mitigasi darurat bencana, dan pemerataan pembangunan.

“Nanti saya akan jelaskan, jika terpilih nanti. Yakin dan percaya, kami untuk menjadi solusi persoalan masyarakat. Bukan untuk menyengsarakan rakyat tapi mensejahterakan masyarakat Banggai,” bebernya.

Berbagai persoalan yang ada di masyarakat, Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang siap menjadi solusi. 

“Olehnya, berikan kami kesempatan. Kita pecahkan mitos bahwa Banggai belum pernah dipimpin Perempuan. Siapa bilang perempuan tidak bisa memimpin, lihat Surabaya, banyak daerah-daerah yang begitu maju dipimpin oleh Perempuan,” tegas Samsul Bahri Mang.

Dengan pengalamannya yang cukup luar biasa, 20 tahun di legislatif, Samsul Bahri Mang siap mendampingi Sulianti Murad untuk membawa Banggai lebih baik.

Untuk diketahui, Deklarasi yang mengusung tema Banggai Hebat Dimulai dari Ibu’ itu dimeriahkan oleh artis Whllyano dan band papan atas, Radja.

Puluhan ribu masyakarat, simpatisan dan pendukung memadati arena Deklarasi Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang. Mereka begitu antusias untuk mendukung sosok pemimpin pembawa perubahan untuk Banggai Hebat.

Adapun partai koalisi yang mengusung pasangan calon ini adalah Gerindra, NasDem, PKB dan PKS. (*)