BeritaDaerahNews

Bupati Banggai Resmi Kukuhkan 46 Anggota Paskibraka 

1212
×

Bupati Banggai Resmi Kukuhkan 46 Anggota Paskibraka 

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO secara resmi mengukuhkan Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Banggai Tahun 2024, berlangsung di Ruang Rapat Umum Kantor Bupati Banggai, pada Kamis malam (15/8/2024).

Sebelum pengukuhan dilaksanakan, acara dimulai dengan prosesi penyerahan duplikat Bendera Merah Putih dan salinan Teks Proklamasi. 

Wakil Bupati Banggai menyerahkan duplikat dan salinan tersebut kepada Bupati Banggai, yang kemudian secara resmi menyerahkannya kepada Pelatih Paskibraka sebagai tanda kesiapan pelaksanaan tugas.

Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan pengantar pengukuhan yang dibacakan langsung oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banggai, Syaifuddin Muid.

“Sebagai akhir dari pemusatan diklat, para calon Paskibraka mengukuhkan diri, mengukuheratkan Kode Kehormatan berupa Dharma Mulia Putra Indonesia dan Ikrar Putra Indonesia,” tutur Kaban Kesbangpol.

BACA JUGA:  Sulteng Sukses Raih Emas Lewat Cabor Petanque di PON Aceh, 1 Atlit Alumni Unismuh Luwuk

Pengukuhan ini bermakna, bahwa para calon Paskibraka dengan ikhlas berani bertanggung jawab untuk diukur oleh masyarakat, tentang ketinggian martabatnya sebagai manusia bangsa Indonesia dan warga negara Indonesia, sebab yang penting adalah pengamalan harkat itu secara praktis dalam perbuatan sehari-hari.

Dalam amanatnya, Bupati Banggai menyampaikan bahwa keterlibatan siswa-siswi dalam rangkaian dalam rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia memiliki peranan strategis dalam proses transfer aspek-aspek historis dan nasionalisme bagi generasi muda sebagai penerus perjuangan.

“Melalui momentum yang baik ini, atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Banggai, kami mengucapkan selamat kepada ananda semua yang mendapat amanah dan kehormatan sebagai pasukan paskibraka pada HUT Republik Indonesia ke-79 di tingkat Kabupaten Banggai,” ujar Bupati Amirudin.

BACA JUGA:  Lakalantas Mobil VS Motor di Masama, Pemotor Luka-luka Hingga Mobil Ringsek

Lanjutnya, kami juga mengucapkan terima kasih kepada para seluruh orang tua anggota paskibraka yang merupakan pahlawan karena telah mendoakan, memberikan dorongan dan motivasi kepada anak-anaknya.

“Kepada para pembina, pembimbing, pelatih dan panitia kami ucapkan terima kasih atas segala usaha serta kesabaran dalam membimbing putra-putri terbaik dinegeri junjungan ini selama proses latihan,” ucap Bupati Amirudin.

Tak lupa pula, beliau mengucapkan terima kasih kepada instansi terkait dan pihak sekolah atas dukungan yang telah diberikan pada adik-adik anggota paskibraka.

BACA JUGA:  Keren, Majelis Taklim Al Fattah Bukit Mambual Juarai Lomba Sholawat 

Setelah menyampaikan amanat, dilakukannya penyematan tanda pengukuhan dan kendit kepada Pemimpin Upacara dan Calon Komandan Paskibraka oleh Bupati Banggai di dampingi Wakil Bupati Banggai, Dandim 1308/LB, Kapolres Banggai, Kejari Banggai dan Kaban Kesbangpol.

Pengukuhan ini menandai kesiapan para calon anggota Paskibraka yang telah melalui serangkaian pelatihan intensif dan seleksi yang ketat, serta siap menjalankan peran penting ini dengan penuh kehormatan.

Acara pengukuhan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah daerah, unsur Forkopimda, para pelatih Paskibraka, serta orang tua calon anggota Paskibraka. (*)