BeritaDaerahNews

Bupati Bangkep Hadiri Pertemuan Seluruh Kepala Daerah Bersama Presiden Jokowi  

295
×

Bupati Bangkep Hadiri Pertemuan Seluruh Kepala Daerah Bersama Presiden Jokowi  

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece .id  –  (Pj) Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep) Ihsan Basir SH.LLM menghadiri pertemuan rapat koordinasi seluruh Kepala Daerah bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa 13/8/2024.

Presiden Jokowi menyambut seluruh Kepala Daerah untuk pertama kalinya ke Ibu Kota Nusantara.

Di depan Gubernur, Bupati dan Walikota serta Penjabat Kepala Daerah, Jokowi menanyakan apa yang terlintas saat pertama kali ke IKN.

Presiden juga mengatakan IKN merupakan proyek jangka panjang dan dilakukan bertahap.

BACA JUGA:  SJS Luwuk Fc dan Abim Fc Kunci Tiket Terakhir ke Perempat Final 

“Kita ingin menunjukkan bahwa kita punya kemampuan untuk membangun Ibu Kota sesuai dengan keinginan kita, sesuai dengan desain kita, tetapi memang masih memerlukan waktu yang panjang,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi yang didampingi Wapres KH. Ma’ruf Amin dan sejumlah Menteri, mengatakan bahwa lokasi yang dibangun di IKN, bukan hanya Kawasan Inti Pusat Pemerintahan sebagai lokasi keberadaan Istana Presiden dan Istana Wapres, Kementerian dan masih banyak lagi yang belum dibangun.

BACA JUGA:  Dimeriahkan Dewa 19, Puluhan Ribu Warga Padati Konser BerAmal di GOR Kilongan 

“Tetapi di luar ini juga ada kawasan-kawasan yang telah dibangun, seperti hotel, universitas, rumah sakit dan lainnya,” ujar Presiden Jokowi.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan bahwa jumlah kepala daerah saat ini, yaitu ada 38 Gubernur, 98 Walikota dan 416 Bupati. Dari total tersebut, 279 diantaranya merupakan pejabat definitif, baik dari hasil Pilkada 2020 maupun hasil penetapan seperti Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta serta Walikota dan Bupati di wilayah Jakarta.

BACA JUGA:  Program SJSP Ayam Pedaging Tak Berkelanjutan, Penerima Manfaat di Toili Merugi

“Kemudian untuk Penjabat atau Pj ada 273 orang, Gubernur Definitif ada 10 orang dan 28 Penjabat Gubernur. Selain itu ada 35 kepala daerah yang berhalangan hadir dikarenakan masalah kesehatan dan mengikuti Rapat Paripurna di DPRD,” kata Mendagri Tito Karnavian.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati Bangkep Ihsan Basir bersama para kepala daerah lainnya berkesempatan berkeliling dan melihat dari dekat kondisi dan suasana Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibukota Nusantara, diantaranya Kawasan Sumbu Kebangsaan. (RS)**