BeritaDaerahNewsPendidikan

Untika Luwuk Lepas 23 Mahasiswa Ikuti PMM di Universitas Airlangga dan IPB University 

2003
×

Untika Luwuk Lepas 23 Mahasiswa Ikuti PMM di Universitas Airlangga dan IPB University 

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Universitas Tompotika (Untika) Luwuk di bawah pimpinan Rektor Taufik Bidullah SE., M.Si., resmi melepas puluhan mahasiswanya untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa mandiri (PMM) di Universitas Airlangga dan IPB University.

Pelepasan itu berlangsung pada Kamis 8 Agustus 2024, yang dilakukan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Hamdin Husin.

Tahun ini, sebanyak 30 mahasiswa Untika Luwuk yang lulus program pertukaran mahasiswa mandiri. Mereka akan ditempatkan di tiga universitas ternama yang ada di Indonesia.

Rinciannya,  17 mahasiswa ke Universitas Airlangga, 6 mahasiswa ke IPB University dan 7 mahasiswa ke Universitas Negeri Surabaya.

Untuk pelepasan sendiri, untuk tahap pertama yakni Kamis 8 Agustus 2024 kemarin, pelepasan peserta yang akan ditempatkan di Universitas Airlangga dan IPB University.

BACA JUGA:  Dimeriahkan Dewa 19, Puluhan Ribu Warga Padati Konser BerAmal di GOR Kilongan 

Sementara, mahasiswa yang lulus pertukaran mahasiswa mandiri dengan penempatan Universitas Negeri Surabaya, baru dilakukan pada akhir Agustus.

Informasi yang diterima media ini, untuk 23 mahasiswa yang telah dilepas Kamis kemarin, akan diberangkatkan pada Sabtu besok 10 Agustus 2024. 

Mereka akan diberangkatkan menuju Universitas Airlangga dan IPB University. Program Pertukaran Mahasiswa Mandiri ini merupakan bagian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun kedua.

Melepas peserta pertukaran mahasiswa mandiri, ini pesan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Untika Luwuk, Dr. Hamdin Husen, S.Sos.,M.Si.

Ia berpesan kepada mahasiswa, untuk menjaga nama baik almamater kampus biru Untika Luwuk.

BACA JUGA:  SJS Luwuk Fc dan Abim Fc Kunci Tiket Terakhir ke Perempat Final 

Menurutnya, ketika mahasiswa berada di kampus tempat pertukaran mahasiswa mandiri, tentunya akan berbeda iklim akademiknya yang serba cepat dan deadline. Olehnya, diperlukan kesungguhan dan kedisiplinan tinggi.

Dr. Hamdin Husen juga mengucapkan terima kasih kepada tim PKKM Untika yang telah menaikan jumlah keikutsertaan Pertukaran mahasiswa yang pada tahun ini meninggkat jumlahnya.

Sementara itu, Ketua PKKM Untika Luwuk, Saipul Bachri S Lajiba, M.Pd., mengatakan, perekrutan mahasiswa PMM tahun 2024 ini dilakukan dengan seleksi. 

Seleksi pertama berkaitan dengan administrasi salah satunya yg terpenting mahasiswa memiliki BPJS Kesehatan dan Tes selanjutnya Wawancara.

BACA JUGA:  Keren, Majelis Taklim Al Fattah Bukit Mambual Juarai Lomba Sholawat 

Untuk pendaftar berjumlah 58 mahasiswa setelah diseleksi Administrasi, tersisa 38 dan selanjutnya dilakukan tes wawancara dan mendapatkan 30 mahasiswa PMM Mandiri 2024.

Setelah mendapatkan calon peserta dan pemilihan perguruan tinggi tujuan yakni Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya dan IPB University, baru tim PKKM melakukan penjajakan ketiga perguruan tinggi tersebut.

“Minggu lalu kami telah berkunjung ketiga perguruan tinggi tersebut dan Alhamdulillah mahasiswa kami diterima untuk kuliah 1 semester di perguruan tinggi tersebut,” katanya.

Untuk diketahui, mahasiswa yang melakukan pertukaran mahasiswa mandiri di Universitas Airlangga dan IPB University akan mulai masuk kuliah pada tanggal 12 Agustus 2024. (*)