BeritaDaerahNewsPendidikan

Diikuti Para Dosen, Tim PKKM Faperta UMLB Gelar Workshop Pembelajaran Berbasis Project

1327
×

Diikuti Para Dosen, Tim PKKM Faperta UMLB Gelar Workshop Pembelajaran Berbasis Project

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id- Fakultas Pertanian Unismuh Luwuk Banggai menggelar Workshop Pembelajaran Berbaris Project dan Case Studi Bidang Agribisnis, Selasa 6 Agustus 2024 di Hotel Santika Luwuk.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unismuh Luwuk Banggai yang diwakili Wakil Rektor I Mustafa Abd Rahim, SP,MP., dan turut dihadiri Wakil Rektor III, Dr Agung K Djibran, para dekan dan dosen Unismuh Luwuk Banggai.

Ketua Task Force Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Unismuh Luwuk Banggai, Dr Agung K Djibran,  mengatakan Program Kompetisi Kampus Merdeka diusulkan diikuti  dua program studi pada akhir Desember  2023, yakni Prodi Manajemen dan Prodi Agribisnis. Namun,  program yang lolos pendanaan dari Kemendikbudristek adalah Prodi Agribisnis. 

BACA JUGA:  Komitmen Cegah Kekerasan di Lingkungan Sekolah, Disdikbud Banggai Libatkan Sejumlah Pihak 

“Unismuh Luwuk Banggai masuk dalam liga III, sehingga hanya mengusulkan dua program studi,” katanya. 

Liga III diperuntukkan bagi perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa dibawah 5000 orang, sementara liga II untuk perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa di atas 5000 dan di bawah 10.000 orang dan dapat mengusulkan lima program studi, pun demikian dengan liga I yang dapat mengusulkan 10 program studi dalam Program Kompetisi Kampus Merdaka. 

“PKKM diikuti 4000 lebih program studi, kemudian diseleksi kembali hingga menyisakan 1000 program studi, salah satunya program studi di Unismuh Luwuk Banggai,” katanya. 

Unismuh Luwuk Banggai yang berhasil meloloskan program studi agribisnis mengemban lima program. 

BACA JUGA:  Diapresiasi Bupati, Disdik Banggai Gelar Tiga Kegiatan Sekaligus, Diantaranya Gerakan Seniman Masuk Sekolah 

Pertama program kemitraan dengan Untad; magang kewirausahaan di industri dan UMKM di Simpang Raya dan Kecamatan Luwuk. Program kedua ini diikuti masing-masing lima orang mahasiswa. 

Ketiga pengadaan alat laboratorium Fakultas Pertanian, yang kini ditempatkan di Kampus 2 Unismuh Luwuk Banggai di Desa Biak, Kecamatan Luwuk Utara. 

Program keempat yakni sertifikasi profesi yang dilaksanakan oleh lembaga sertifikasi profesi. Kegiatan yang berlangsung di  Malang itu diikuti beberapa dosen Unismuh Luwuk Banggai. 

Sementara program kelima yakni  lokakarya case studi dan project basic learning. Wokshop ini dilaksanakan agar dosen agrobisnis dan agroteknologi di Fakultas Pertanian maupun  dosen Unismuh Luwuk Banggai lainnya  mendapatkan muatan pengembangan rencana pembelajaran semester (RPS) berbasis case studi dan project basic learning.  

BACA JUGA:  Cabup Bangkep Rusli Moidady Silaturahmi Bersama Warga Tobing, Komitmen Bawa Perubahan Nyata

Lokakarya pembelajaran berbasis project dan fase study bidang agribisnis menghadirkan dua pakar dari Universitas Muhammadiyah Malang, yakni Prof Dr Lili Zalizar, MSc dan Prof Dr Anas Taim. 

Wakil Rektor I Mustafa Abd Rahim mewakili Rektor UMLB membuka kegiatan ini berharap kedepan banyak program studi yang dapat diusulkan mendapatkan pendataan PKKM. 

“Saya berharap kehadiran dekan dan dosen dalam kegiatan ini dapat bermanfaat, mengambil banyak ilmu dari narasumber yang kita hadirkan agar makin banyak program studi yang diusulkan dalam program PKKM dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia,” harapnya. (*)