BeritaDaerahNews

Bupati Sofyan Kaepa Resmikan Museum Daerah Banggai Laut

216
×

Bupati Sofyan Kaepa Resmikan Museum Daerah Banggai Laut

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id  – Bertempat di Keraton Banggai, Museum Daerah Kabupaten Banggai Laut diresmikan. Peresmian museum ditandai dengan, pengguntingan pita, pemukulan gong dan penandatangan prasasti oleh Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, SH pada hari Senin (22/7/2024).

Peresmian ini didampingi Wakil Bupati Banggai Laut, Ablit Hi. Ilyas, SH dan Kepala Bidang Perlindungan dan Pelestarian Kebudayaan,  Drs. Iksam Djorimi, M.Hum, mewakili Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah.

Keraton merupakan saksi sejarah yang sudah ditetapkan sebagai situs cagar budaya, tugas pemerintah bersama mendukung program besar agar keraton ditetapkan sebagai museum. Sebagai tanda sejarah, diperlukan bukti dokumen-dokumen informasi mengenai kerajaan Banggai. Peninggalan bersejarah yang ada di museum dikumpulkan dari beberapa kolektor, untuk diamankan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:  Antusiasme Warga Manggalai dan Apal Sambut Cawabup Serfi Kambey, Sosok Pembawa Perubahan 
BACA JUGA:  Ayo Ramaikan Berlangsung 4 Hari, Banggai Government Expo 2024 Resmi Dibuka
BACA JUGA:  Marak Beredar, Polisi Amankan 60 Bungkus Cap Tikus di Balantak Utara

Bupati berpesan untuk bersama-sama menjaga museum ini, karena museum ini milik Banggai Laut.

“Pemerintah hadir bukan untuk memiliki, tapi penerintah hadir untuk bersama-sama merawat, siapapun berhak memiliki ini, pemerintah hanya memback-up saja,” (RS)*/