BeritaDaerahNews

Peringati Hari Koperasi ke-77 Tahun, UMKM di Banggai Terima Sertifikat Hak Atas Tanah Gratis

246
×

Peringati Hari Koperasi ke-77 Tahun, UMKM di Banggai Terima Sertifikat Hak Atas Tanah Gratis

Sebarkan artikel ini
Example 300250

Banggaikece.id– Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-77 tahun, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Banggai menyelenggarakan apel bersama dan ramah tamah, Jumat (19/7/2024) di Halaman Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kab. Banggai. 

Dengan tujuan meneguhkan peran strategis koperasi dalam mengantarkan Indonesia menuju visi Indonesia Emas 2045, tema perayaan Hari Koperasi yaitu “Koperasi Sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil”. 

Lebih dari 99% pelaku usaha di Indonesia adalah Usaha Mikro, koperasi berperan penting dalam melengkapi ekosistem usaha rakyat agar dapat tumbuh secara berkesinambungan, mulai dari Usaha Mikro menjadi Usaha Kecil, kemudian dari Usaha Kecil menjadi Usaha Menengah, hingga akhirnya terhubung dalam rantai pasok industri nasional.

BACA JUGA:  Ini Para Juara Lomba Peringati Maulid Nabi di Masjid Al Fattah BTN Bukit Mambual Regency

Dalam pidato Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, yang diwakili oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO menyatakan bahwa koperasi telah menjadi lembaga keuangan utama dalam sektor pertanian dan perdesaan.

“Bahkan di sektor pertanian dan perdesaan, koperasi telah menjadi lembaga keuangan utama dalam pemenuhan pembiayaan usaha, solusi inilah yang terus kita ingin perbesar melalui penguatan Lembaga Pembiayaan Dana Bergulir (LPDB) dengan mematok 100% dari pembiayaannya untuk koperasi,” Jelas Bupati Banggai. 

BACA JUGA:  Keren, Majelis Taklim Al Fattah Bukit Mambual Juarai Lomba Sholawat 

Pada apel tersebut, juga diserahkan Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) gratis bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tahun 2023, yaitu: 

1. Hasrawati Palason dari Kelurahan Simpong, Kecamatan Luwuk Selatan

2. ⁠Kasman Yakin dari Kelurahan Baru, Kecamatan Luwuk

3. ⁠Ginardi Chandra dari Kelurahan Baru, Kecamatan Luwuk. 

Selain itu, tiga koperasi yang menerima Sertifikat Penilaian Kesehatan Koperasi juga diumumkan, Ketiga koperasi tersebut adalah Kopwan Restu Ibu dari Kecamatan Toili Barat, KPN Pengayoman dari Kecamatan Luwuk Selatan, dan KPRI Koperdik dari Kecamatan Toili. 

BACA JUGA:  Program SJSP Ayam Pedaging Tak Berkelanjutan, Penerima Manfaat di Toili Merugi

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah berharap koperasi menjadi pilihan rasional bagi setiap warga negara untuk menaruh harapan dan mengembangkan usahanya.

“Saya berharap, semangat berkoperasi itu terus kita tularkan kepada generasi muda, mari manfaatkan kehadiran Koperasi Multipihak sebagai terobosan untuk menarik minat dan bakat anak-anak muda Indonesia yang terbukti unggul,” kata Amirudin saat membacakan Pidato Menteri.

Turut hadir apel bersama Para Pimpinan OPD, Instansi Vertikal Kabupaten Banggai dan Pimpinan BUMN, serta Penggiat Koperasi. (*)