BeritaDaerahNewsPendidikan

Dibuka Kepala Kemenag, 279 Siswa Baru MTsN 1 Banggai Ikuti Masa Taaruf atau Mompokanaya 

1594
×

Dibuka Kepala Kemenag, 279 Siswa Baru MTsN 1 Banggai Ikuti Masa Taaruf atau Mompokanaya 

Sebarkan artikel ini
Kepala Kemenag Banggai, Drs. H. Suardi Kandjai M.Pd., memukul gong secara sebagai penanda dibukanya Masa Taaruf bagi siswa baru di MTsN 1 Banggai. FOTO: JAJAD
Example 300250

Banggaikece.id– MTs Negeri 1 Banggai resmi memulai pelaksanaan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) atau Mompokanaya, Rabu 17 Juli 2024.

Matsama yang berlangsung selama dua hari sampai Kamis 18 Juli 2024 itu resmi dibuka oleh Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Banggai, Drs. H. Suardi Kandjai M.Pd., bertempat di pelataran madrasah tersebut.

Sebanyak 279 siswa baru ikut dalam kegiatan Matsama tahun ajaran baru 2024/2025 ini. Turut hadir dalam pembekalan, Kepala MTsN 1 Banggai, Jamil Hasyim dan jajarannya.

Berdasarkan laporan Panitia yang dibacakan Ketua Panitia Erni A. Mammak S.Ag, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Mompokanaya atau Masa Ta’Aruf Siswa Madrasah tahun ini berjumlah 279 siswa. Itu terdiri dari 117 laki-laki, dan 162 perempuan.

BACA JUGA:  Antusiasme Warga Manggalai dan Apal Sambut Cawabup Serfi Kambey, Sosok Pembawa Perubahan 

Materi diambil berdasarkan dari Penunjuk Teknis Pelaksanaan Masa Ta’ Aruf Siswa Madrasah Tahun Pelajaran 2024/2025, yang terdiri dari Kemadrasahan, Moderasi Beragama, Cara Mengamalkan Ajaran Agama dalam Konteks Kehidupan Bersama, Berbangsa dan Bernegara yang harmoni, Nilai-nilai Madrasah, dan Budaya serta kebiasaan kehidupan di madrasah.

Pemateri melibatkan Dewan Guru MTs Negeri 1 Banggai. Tujuan kegiatan pelaksanaan ini untuk memperkenalkan kepada peserta didik baru tentang lingkungan madrasah, berbagai fasilitas sekolah yang ada, serta pemberian materi tentang pemahaman moderasi beragama dan wawasan kebangsaan.

Sementara itu, Kepala Kemenag Banggai, Drs. H. Suardi Kandjai M.Pd., menyampaikan selamat datang kepada para siswa baru di MTsN 1 Banggai

BACA JUGA:  Menang 2-0, King Peace Fc Juara Grup K Mini Soccer Matindok Cup 2024

Ia mengaku bangga, ratusan siswa dari berbagai sekolah dasar memilih untuk masuk di MTsN 1 Banggai.

Di sekolah dasar kata Kepala Kemenag Banggai, tentu karakternya berbeda dengan di madrasah. Namun untuk memperbaiki karakter, siswa ditekankan agar memperbaiki sholatnya untuk lebih baik.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kemenag Banggai mengingatkan kepada seluruh siswa baru untuk menjaga nama baik atau citra dari MTs Negeri 1 Banggai.

“Anak-anakku, baik laki-laki maupun perempuan adalah wajah-wajah kebanggaan orangtua. Nah itu juga harus menjadi kebanggaan untuk madrasah ini,” pesannya

BACA JUGA:  MTsN 1 Banggai Peringati Maulid Nabi, Ini 6 Manfaat Bersholawat 

Pilihan Tepat

Masuk di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banggai kata Kepala Kemenag Banggai, adalah pilihan yang tepat bagi para siswa baru.

“Insya Allah cita-cita jadi orang baik, sudah di sinilah dapurnya. Madrasah itu memilki keunikan khusus dibanding sekolah umum lainnya,” ucap Suardi Kandjai.

Menurutnya, di Madrasah, siswa akan ajari atau mempelajari bidang studi akidah akhlak, Al-Qur’an dan hadist, fikih, sejarah kebudayaan Islam, dan Prodi Bahasa Arab. 

“Semua ini, tidak ada di SD, SMP dan SMA (sekolah umum),” tandasnya, sehingga pilihan orangtua memasukan anaknya di MTsN 1 Banggai dinilai tepat. (*)